Istimewa! Allah Sampaikan Perintah Shalat secara Khusus melalui Isra Miraj

KH Izzul Muttaqin (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Huda Ganding, Sumenep, Jawa Timur, KH Izzul Muttaqin mengingatkan tentang kewajiban dan keutamaan shalat lima waktu bagi umat Islam. Menurut dia, shalat merupakan ibadah yang sangat istimewa bagi umat Nabi Muhammad SAW.

Bahkan saking istimewanya, perintah shalat disampaikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di atas langit saat peristiwa Isra Miraj. Berbeda dengan perintah ibadah wajib yang lain yang disampaikan saat Rasulullah SAW di bumi.

“Hampir seluruh perintah Allah SWT semuanya diterima oleh Kanjeng Nabi di bumi, kecuali perintah shalat. Ini menandakan pentingnya shalat,” kata Kiai Izzul Muttaqin saat mengisi ceramah di acara peringatan Isra Miraj di halaman Yayasan Nurul Jadid, Bluto, Sumenep, Senin malam 13 Februari 2023.

Peringatan Isra Miraj ini digelar oleh Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU Yayasan Nurul Jadid, Gilang, Kecamatan Bluto. Hadir sejumlah tokoh, diantaranya kepala desa Gilang dan Gingging, tokoh masyarakat, wali santri, dan pengurus IPPNU-IPPNU dari lembaga lain

“Kalau Allah dan Nabi saja sangat mementingkan perintah shalat, maka seharusnya kita sebagai umatnya tidak boleh menganggap remeh perintah shalat ini. Karena pada dasarnya ibadah shalat adalah kepala dari ibadah-ibadah lainnya,” tegas Kiai Izzul Muttaqin mengingatkan.

Ketua Yayasan Nurul Jadid Kiai Al Muhsi menuturkan, acara peringatan Isra Miraj ini disiapkan sendiri oleh siswa-siswi OSIS dan PK IPNU IPPNU Nurul Jadid. Ia sangat mengapresiasi hasil kerja santri-santrinya tersebut lantaran disiapkan semaksimal mungkin.

“Sekitar satu bulan lebih kegiatan ini dipersiapkan dalam rangka merayakan hari besar Islam Isra Miraj Nabi Muhammad. Ini tidak mudah bagi anak-anak kami dalam mengatur acara yang bahkan tadi panitia sudah hampir putus asa, sebab habis maghrib sudah diguyur hujan,” jelasnya.

“Semoga acara ini menambah wawasan dan keilmuan terlebih untuk anak-anak kami dalam berorganisasi,” imbuh Kiai Muhsi.

Ia menegaskan, peringatan Isra Miraj merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan acara ini. Kegiatan ini juga tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak. Karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya,” pungkasnya. (ari/red)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network