Konser 1001 Malam, Gus Ning Goes to Campus Syiar 1 Abad NU di Unair

Konser 1001 malam dalam rangka syair 1 Abad NU dan dan Gus Ning Goes to Campus di Unair Surabaya (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berkolaborasi dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar Konser 1.001 Malam, dalam rangka “Syiar 1 Abad NU dan Gus Ning Goes to Campus”.

Menghadirkan Letto, Esbeye, dan Airlangga Orchestra, konser berlangsung di Airlangga Convention Canter (ACC) Kampus MERR © Unair Surbaya, pada Kamis, 23 Februari 2023.

Hadir Rektor Unair Prof Mohammad Nasih dan jajaran PWNU Jawa Timur, serta Gus dan Ning dari kalangan pondok pesantren.

Mereka di antaranya KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) dari Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri dan KH Reza Ahmad Zahid (Gus Reza) dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

“Konser ini digelar untuk mengenalkan Nahdlatul Ulama ke mahasiswa. Selain itu, juga sebagai salah satu euforia dan syukuran terkait dengan peringatan satu abad NU,” kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih dalam sambutannya.

Menurut dia, perlunya refleksi NU yang telah mencapai 1 abad. Hal ini sebagai refleksi untuk selalu menjaga dan melestarikan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.

Nasih menegaskan, mahasiswa dalam berkegiatan dan beragama harus benar-benar mengedepankan kemaslahatan.

“Beragama itu mudah dan harus bisa kita nikmati, sehingga mahasiswa terpanggil untuk menjaga dan melestarikan serta mengembangkan ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah,” ujarnya.

“Kita selalu mendorong terutama kalangan mahasiswa untuk selalu belajar,” imbuhnya.

Nasih mengatakan Unair selalu terbuka untuk kolaborasi dengan organisasi masyarakat dalam hal apapun.

“Kami terbuka untuk ormas apapun, kita juga sering bekerja sama seperti Muhammadiyah dan lain sebagainya. NU masih baru saat ini,” tegasnya.

Ia menegaskan, Unair tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan PWNU Jatim dalam pembelajaran agama terlebih pengetahuan tentang NU.

“Kami terbuka untuk kerja sama, terlebih saat ini kan mulai diterapkan merdeka belajar juga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Jatim Muhammad Koderi mengatakan melalui kegiatan ini NU ingin memberikan dampak yang baik.

“Banyak santri kami yang belajar di Unair. Jadi, kegiatan ini menjadi awal kerja sama yang baik antara PWNU Jatim dengan Unair,” tandasnya. (red)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network