Besok, Grand Syekh Al-Azhar Mesir Isi Kuliah Umum Moderasi Beragama di UIN Jakarta

Grand Syekh Universitas Al-Azhar, Prof Dr Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb

JAKARTA, SantriNews — Grand Syekh Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Prof Dr Ahmad Muhammad Ahmed Al Tayeb dijadwalkan mengisi kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, pada Selasa, 9 Juli 2024, besok.

Prof Ahmed Al Tayeb direncanakan mengisi kuliah umum usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik rencana kedatangan Grand Syekh Al-Azhar ke Indonesia. Menurutnya, hubungan baik antara Mesir dan Indonesia telah terjalin sejak kemerdekaan Republik Indonesia.

Bahkan, Mesir merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Selain itu, hubungan di bidang pendidikan juga terjalin begitu erat.

“Ribuan mahasiswa Indonesia belajar di Mesir. Banyak ulama besar di Indonesia menempuh studinya di negeri para Nabi itu. Bahkan, Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga tercatat pernah belajar di negeri Kinanah tersebut,” kata Menag Yaqut di Jakarta, Senin, 8 Juli 2024.

Dalam rangka menyukseskan acara ini, Menteri Agama mengundang semua Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Indonesia, dosen, mahasiswa, serta para tokoh lintas agama untuk menghadiri kuliah umum di UIN Jakarta.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Asep Saepudin Jahar mengatakan, kedatangan Prof Ahmed Al Tayeb merupakan sebuah anugerah untuk sivitas akademika.

“Kita tentu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang akan dipaparkan Grand Syekh Al-Azhar,” kata Asep S Jahar.

Prof Ahmed Al Tayeb akan mengisi kuliah umum dengan tema ‘Meneguhkan Moderasi Beragama untuk Membangun Toleransi dan Harmoni’. Tema ini, kata Asep, sangat relevan dengan konteks kekinian.

“Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, selalu mengedepankan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari,” kata Asep.

Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Umum Dr Yuli Yasin mengatakan bahwa panitia telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Agama RI, Kedutaan Besar Republik Arab Mesir di Jakarta, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo untuk menyukseskan kegiatan ini.

Setiap hari, menurut Dr Yuli Yasin, sejak informasi kedatangan dan rencana kegiatan kuliah umum Grand Syekh Al-Azhar di UIN Jakarta, panitia selalu mengadakan rapat baik secara daring maupun luring.

“Panitia selalu koordinasi untuk menyelesaikan hal-hal teknis,” tegas Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Jakarta itu.

Kuliah Umum Grand Syekh Al-Azhar di UIN Jakarta ini direncakan akan dihadiri Prof Dr Muhammad Quraish Shihab untuk memberikan sambutan.

Prof Quraish Shihab merupakan alumni Universitas Al-Azhar Kairo dan pernah menjabat Duta Besar Republik Indonesia di Kairo Mesir, serta pernah pula menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta. (red)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network