Daerah

Ini Program Baznas Jatim Berdayakan Kaum Dhuafa

Kamis, 09 Juli 2015 03:25 wib

Surabaya – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur menelorkan sejumlah program bagi ribuan anak yatim dan dhuafa dari puluhan yayasan panti asuhan atau lembaga sosial lainnya. Misalnya dengan mengadakan buka puasa bersama di beberapa hotel di Surabaya.

Ketua Harian BAZNAS Jatim, Nur Hidayat menjelaskan, selain berbuka puasa, para peserta juga diberi bantuan alat sekolah berupa tas dan kelengkapan alat tulis menulis serta uang saku. Semua bantuan itu bersumber dari para donatur yang telah terkumpul di BAZNAS Jatim.

Di samping menyelenggarakan buka puasa, BAZNAS Jatim juga akan mengajak 100 anak yatim untuk berbelanja baju lebaran di Cito Mall Surabaya dengan melibatkan sejumlah donatur yang telah memberikan donasinya dalam program tersebut.

Sedangkan program lain dari BAZNAS Jatim adalah Jatim Cerdas berupa pemberian beasiswa SMA, bantuan sarana belajar untuk anak SD hingga SMP, bimbingan belajar gratis dan pembinaan penerima beasiswa.

Program kedua adalah Jatim sehat, yakni dengan memberikan pengobatan gratis keliling dan bantuan biaya bersalin. “Berikutnya adalah Jatim makmur yaitu bantuan modal bergulir, bantuan alat kerja dan pembinaan spiriual dan bisnis untuk UMKM,” katanya, Rabu, 8 Juli 2015.

Ada pula Jatim peduli dengan memberikan bantuan berupa bedah rumah dhuafa, santunan tunai untuk fakir rutin setiap bulan, bantuan ibnu sabil, ambulan gratis, bantuan korban bencana, “Termasuk dalam hal ini adalah buka puasa bersama dhuafa dan yatim, pemberian parcel Idul Fitri, juga qurban untuk kampung dhuafa,” ungkapnya.

Sedangkan yang terakhir adalah Jatim taqwa, berupa sosialisasi serta kampanye sadar zakat, konsultasi dan jemput zakat, pengajian komunitas donatur, kajian agama Islam. “Untuk program ini kami memberikan pendalaman agama pada penringatan hari besar islam, walimah, pengajian rutin instansi, kuliah tujuh menenit, khurbah Jum’at,” katanya. Juga ada kajian al-Qur’an tematik, konsultasi syariah serta konsultasi psikologi. (saif/ahay)