Daerah

Safari Ramadlan, Wabup Pamekasan Santuni Anak Yatim

Selasa, 21 Juni 2016 20:30 wib

...
Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asy

Pamekasan – Wakil Bupati Pamekasan, Jawa Timur Kholil Asy’ari memberikan santunan kepada puluhan anak yatim, dan penyerahan santunan itu digelar dalam acara safari Ramadhan di Pendopo Kecamatan Kadur, Selasa, 21 Juni 2016.

“Santunan ini merupakan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedakat dari para PNS di lingkungan Pemkab Pamekasan. Nilainya memang tidak seberapa, akan tetapi kami berharap tidak dinilai dari jumlahnya, melainkan bentuk kepeduliannya untuk saling berbagi,” katanya dalam kesempatan itu.

Saat menyerahkan santunan, wabup didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pamekasan Alwi, Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi dan Wakapolres Pamekasan Kompol Hartono.

Santunan yang diserahkan Wabup Kholil Asy’ari itu berupa paket sembako dan sejumlah uang kepada 10 orang perwakilan anak yatim, dari sebanyak 1.000 anak yatim dan fakir miskin penerima santunan.

Mantan Ketua DPRD yang juga Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pamekasan dalam kesempatan itu juga mengatakan, agar masyarakat hendaknya memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbuat baik pada sesama.

Ia menjelaskan, pada Ramadhan kali ini, pihaknya membagikan sebanyak 13.000 paket sembako kepada warga tidak mampu, fakir miskin, dan anak yatim yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

“Semuanya dari pengumpulan zakat, infaq dan sedekah para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Pamekasan yang dikumpulkan melalui Baznas dan selanjutnya kami salurkan kepada orang yang berhak menerimananya,” terang wabup.

Ia menjelaskan, sebenarnya, bentuk bantuan tidak hanya berupa barang-barang konsumsi, akan tetapi sebagian juga digunakan untuk membantu modal usaha bagi warga yang tidak mampu.

“Zakat produktif juga kita salurkan,” katanya.

Safari Ramadhan di Pendopo Kecamatan Kadur, Pamekasan ini merupakan lanjutan dari gelar safari selama Ramadhan.

Namun dalam kesempatan itu, Bupati Pamekasan Achmad Syafii tidak ikut serta dalam safari itu, karena sakit.

Di Pendopo Kecamatan Kadur, rombongan safari Pemkab Pamekasan ini juga menggelar buka puasa bersama, dan safari dilanjutkan ke Pendopo Kecamatan Larangan bersama Forum Pimpinan Kecamatan, tokoh masyarakat dan tokoh ulama di wilayah itu.

Di dua lokasi ini, Wabup Kholil Asy’ari selalu mengingatkan akan pentingnya peran aktif masyarakat tokoh ulama dan tokoh masyarakat untuk memberantas peredaran narkoba, karena saat ini, Pamekasan termasuk kabupaten yang darurat narkoba. (rus/ant)