Presiden Jokowi Dukung Penuh Turnamen Piala Kemerdekaan

Presiden Joko Widodo dan Tim Transisi bersama 24 Club Turnamen Piala Kemedekaan di Istana Presiden, Jakarta (santrinews.com/dok)

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengapresiasi rencana Tim Transisi bentukan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang akan menggelar Piala Kemerdekaan. Ia berharap agar Tim Transisi memberikan kepastian kick-off Piala Kemerdekaan yang akan digelar pada 15 Agustus.

“Presiden sangat mendukung Piala Kemerdekaan demi penataan sepak bola nasional yang lebih transparan dan berprestasi,” kata Sekretaris Jenderal Tim Transisi Menpora, Tommy Kurniawan, di Jakarta, Sabtu, 8 Agustus 2015.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada Tim Transisi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta 24 klub peserta Piala Kemerdekaan saat menemuinya di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2015. Pertemuan berlangsung tertutup dimulai pukul 14.00 WIB.

Bahkan, dalam pertemuan itu Jokowi memastikan akan hadir pada turnamen tersebut. “Kami menyampaikan beberapa hal bahwa kick-off Piala Kemerdekaan pada 15 Agustus dengan 67 pertandingan di 4 grup yang digelar di 6 kota,” kata Tommy.

Menurut Presiden Jokowi, pembekuan FIFA terhadap Indonesia bukan musibah melainkan kebangkitan sepakbola nasional. Bagaimana pembenahan sistem sepakbola, transparansi dan timnas yang berprestasi.

Tim transisi sebelumnya telah menetapkan total hadiah yang akan didapatkan bagi peserta yaitu juara pertama akan menerima hadiah sebesar Rp 500 juta. Sedangkan runner-up mendapatkan Rp 300 juta. Namun jumlah tersebut dinilai Jokowi terlalu kecil.

“Presiden menanyakan kepada kami jumlah hadiah juara Piala Kemerdekaan. Kami bilang bahwa juara satu itu mendapatkan hadiah sebesar Rp 500 juta. Tapi beliau katakan ini terlalu kecil dan minta supaya dinaikkan jadi juara satu Rp 1,5 miliar, juara dua Rp 1 miliar dan juara tiga Rp 700 juta,” ujarnya.

Menurut Tommy, permintaan Jokowi untuk menaikkan jumlah hadiah bagi pemenang Piala Kemerdekaan semata-mata untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi klub.

Seperti diberitakan, jumlah Klub yang sudah bergabung dengan Piala Kemerdekaan ada 27 Klub diantaranya, PSMS Medan, PSPS Pekanbaru, Persires Sukoharjo, Lampung FC, Persitara, Kalteng Putra, Perserang Serang, Cilegon United FC, Persika Karawang, Persifa Fak-Fak, Persidago Gorontalo, Persepam MU, Madiun Putra, Persekap Pasuruan Jaya, Persatu Tuban, Persinga Ngawi, PSIR Rembang, Persis Solo, Persibangga Purbalingga, Persiba Bantul, Persip Pekalongan, Martapura FC, Persebo Jaya Bondowoso, Persipo Purwakarta, PS Kwarta Medan, PSS Sleman, dan PPSM Magelang Sakti.

Turnamen Piala Kemerdekaan rencananya akan menggelar total 67 pertandingan yang terbagi dalam empat grup yakni Grup A di Medan, Grup B di Serang dan Cilegon, Grup C di Solo dan Bantul dan Grup D di Madiun.Enam kota yang akan menjadi tuan rumah itu adalah Solo, Medan, Serang, Madiun, Bantul, dan Cilegon. (us/ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network