Muktamar NU

Islam Nusantara Diterima Dunia Internasional, KH Said Aqil: Alhmadulillah

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (santrinews.com/uswah)

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj bersyukur gagasan Islam Nusantara yang dijadikan tema besar Muktamar ke-33 NU, 1 – 5 Agustus mendatang, diterima oleh dunia internasional.

“Saya dengar PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) sampai menggelar diskusi khusus tentang Islam Nusantara. Alhamdulillah, Islam Nusantara bisa diterima dunia internasional,” kata Kiai Said Aqil, di Jakarta, Rabu, 8 Juli 2015.

Menurutnya, PBB menggelar diskusi membahas wajah Islam moderat di Indonesia di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa 7 Juli 2015, waktu setempat.

Diskusi yang digagas oleh perwakilan tetap Indonesia di PBB ini diikuti oleh pemuka agama, pengamat, diplomat, serta tokoh masyarakat. “Ini membanggakan,” lanjut Kiai Said.

Karenanya, Kiai Said meminta pihak-pihak di luar NU, khususnya yang terus mempertanyakan gagasan Islam Nusantara, untuk tidak lagi memperdebatkannya.

“Saya tegaskan lagi Islam Nusantara bukan agama baru, bukan juga aliran baru. Dan yang paling penting Islam Nusantara tidak akan mengajarkan seseorang menjadi radikal, tidak akan mengajarkan permusuhan dan kebencian,” tegasnya.

Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur, 1 – 5 Agustus mendatang mengangkat tema “╦ťMeneguhkan Islam Nusantara untuk Peradaban Indonesia dan Dunia. (us/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network