Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah, UINSA Terima Anugerah Pelayanan Publik Terbaik 2022

Rektor UINSA Surabaya Prof Akh Muzakki usai menerima penghargaan (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima penghargaan TOP 45 Pelayanan Publik Inovasi Terbaik tahun 2022 dari Kementerian Pemberadayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Inovasi tersebut adalah IDe AsSALAM (Inisiasi Desa Nabung Saham Modal Sampah) yang dikelola Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Penghargaan diserahkan oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 6 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Azwar Anas mengingatkan terkait 5 Prioritas Kerja Tahun 2019-2014, yakni Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Simplifikasi Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi Ekonomi.

Azwar Anas yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada Rabu 7 September 2022 ini juga menyampaikan arahan presiden terkait Reformasi Birokrasi. Ada tiga hal penting yang harus selalu dipahami dan dilaksanakan yakni (1) Birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat; (2) Reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas; (3) Birokrasi lincah dan cepat.

Pada kesempatan kali ini, pemberian penghargaan dilaksanakan sekaligus dari bidang RB (Reformasi Birokrasi) dan Bidang Yanlik (Pelayanan Publik).

“Kami ingin mendorong percepatan Reformasi Birokrasi dan Layanan Publik di Indonesia. Tahun ini, RB dilaksanakan secara tematik, yakni RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, RB Digitalisasi Administrasi Pemerintah. Semangat membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik,” tegas Azwar Anas.

Sementara itu, Rektor UINSA, Prof Akh Muzakki mengatakan bahwa penghargaan atas Ide AsSALAM adalah pintu masuk ke pencapaian prestasi berikutnya melalui ragam inovasi yang dikembangkan di UINSA.

“Tiada hari tanpa inovasi. Tiada hari tanpa prestasi. UINSA, kampus inovasi. UINSA, kampus prestasi,” tegas Prof Muzakki.

Untuk masuk Top 45, lanjut Muzakki, Ide AsSALAM harus melalui sejumlah tahapan yang tidak mudah dalam ajang KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) yang diselenggarakan Kemenpan-RB.

Akhirnya IDE ASSALAM UINSA bersanding bersama aplikasi Peduli Lindungi Kementerian Kesehatan, meraih TOP 45 Layanan Publik Inovasi Terbaik.

Kementerian Agama juga meraih 5 TOP OUTSTANDING Pelayanan Publik Terbaik. IDE ASSALAM adalah salah satu inovasi yang diusung Laboratorium FEBI UINSA dibawah bimbingan Dr Fatmah, layanan publik yang memberikan wadah untuk mahasiswa UINSA dan warga masyarakat, terutama ibu-ibu di daerah nelayan, serta di kampung Binaan UINSA untuk mengenal saham dengan bermodalkan sampah.

Dengan mengumpulkan sampah, mereka mampu membeli saham di Indofood serta perusahaan-perusahaan yang lainnya. Atas capaian gemilang tersebut, sebelumnya Ide ASSALAM juga telah memecahkan Rekor MURI Indonesia.

“Semoga ini menginspirasi civitas akademika UINSA yang lainnya untuk berpacu dalam mengembangkan inovasi layanan publik di wilayah kewenangannya masing-masing,” harap Prof Muzakki.

Hadir mewakili Kementerian Agama RI, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI, H Akhmad Lutfi turut menyampaikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan UINSA Surabaya.

“Ini penghargaan pertama kali yang diterima KL Kemenag. UINSA telah ikut mengangkat nama Kemenag RI. Dan UINSA adalah satu satunya perguruan tinggi yang telah lolos mewakili kemenag dalam ajang KIPP 2022,” ujar Kabiro Ortala Kemenag RI. (red)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network