Jawa Timur Dinobatkan Provinsi Terbaik Program Inovasi Desa 2019

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Senin, 25 November 2019 (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Provinsi Jawa Timur dinobatkan sebagai provinsi terbaik dalam program Inovasi Desa Tahun 2019. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku penghargaan ini berkat kerja keras pemerintah desa.

Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy didampingi Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Merlyn Park Hotel, Jakarta, Senin, 25 November 2019.

“Penghargaan ini tidak akan diperoleh tanpa kerja keras seluruh aparat pemerintah desa dan masyarakat dalam mengawal pemanfaatan dana desa yang lebih berkualitas dan transparan,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, dana desa merupakan stimulus yang diberikan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Dalam pemanfaatannya tentu butuh inovasi sehingga berdampak besar bagi masyarakat.

“Ambil contoh di Malang, dana desa dioptimalkan untuk mengembangkan potensi pariwisata. Hasilnya, perekonomian masyarakat sekitar pun ikut terangkat. Karenanya, selalu saya tegaskan untuk melihat potensi apa yang ada di sekitar untuk selanjutnya dikembangkan. Ini butuh kejelian,” ujarnya.

Menurut Khofifah, besarnya dana yang ditransfer ke desa mampu menjadi pemicu sekaligus pemacu tumbuh dan berkembangnya seluruh potensi desa. Ini penting, lanjut dia, terlebih disparitas kemiskinan antara desa dan kota di Jawa Timur masih cukup lebar.

Khofifah mendorong masyarakat untuk turut mengawal setiap tahapan penggunaan dana desa yang digunakan dalam membangun infrastruktur, pengembangan ekonomi masyarakat, pendidikan, dan kesehatan.

Ia pun meminta agar aparat desa lebih bersikap transparan dalam memanfaatkan setiap lembar rupiah dana desa.

“Apapun bentuk kegiatan yang bersumber dari dana desa masyarakat harus tahu dan benar-benar dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu proyek yang dikerjakan memiliki kualitas dan mutu yang baik,” imbuhnya.

Selain Jawa Timur, provinsi lain yang meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam Program Inovasi Desa 2019 besutan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tersebut adalah Lampung dan Sulawesi Selatan.

Program inovasi desa sendiri bertujuan meningkatkan kapasitas dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa yang bersumber dari dana desa.

Program ini diharapkan bisa lebih berkualitas melalui pengelolaan inovasi desa, replikasi dan atau adopsi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang inovatif, serta dukungan lembaga Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD). (rus/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network