Haji-Umrah

Kloter 1 Padang Tiba di Arab Saudi

jemaah haji Indonesia (antara/santrinews.com)

Jakarta – Calon jemaah haji yang pertama tiba adalah mereka yang berangkat dari embarkasi Padang. Seperti dikutip dari situs info penerbangan haji Garuda Indonesia (www.haji-ga.com), pesawat yang membawa kelompok terbang (kloter 1) dari embarkasi Padang itu mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 11.10 waktu setempat (15.10 WIB). Pesawat tersebut lepas landas dari bandara internasional Minangkabau, Padang pada pukul 06.34 WIB.

Sementara itu, pesawat yang membawa kloter 1 embarkasi Medan mengalami kerusakan sehingga harus kembali ke Bandara Kuala Namu sekitar satu jam kemudian. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama Zubaidi berdasarkan laporan kantor wilayah di Medan menerangkan kerusakan yang dialami pesawat adalah macetnya semua kran air di kamar kecil dalam pesawat. Pilot pesawat, lanjutnya, akhirnya memutuskan kembali ke bandara karena penerbangan ke Arab Saudi memakan waktu lama dan akan macetnya air akan membuat jemaah tidak nyaman.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto menerangkan pesawat telah terbang kembali setelah kemacetan air diperbaiki. Pesawat tersebut, sambungnya, lepas landas pada pukul 18.40 WIB.
Pujobroto mengatakan proses perbaikan kemacetan air relatif berjalan cepat, namun penerbangan kembali pesawat sempat ditunda karena masa terbang pilot sudah habis. Pujobroto menerangkan semula pesawat itu lepas landas pukul 13.49 WIB namun kembali lagi ke bandara sekitar pukul 15.00 WIB.

“Pilot itu kan maksimal terbang 8 jam dan yang bersangkutan sudah menerbangkan sekitar satu jam. Jadi kita tunda untuk mencari pilot pengganti,” kata Pujo lewat telepon. “Selama menunggu pilot pengganti hingga diterbangkan lagi para penumpang tetap di dalam pesawat karena akan memakan waktu lagi bila (mereka) diturunkan.”(rid/ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network