Daerah

Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa Saling Bermaafan

Senin, 04 Agustus 2014 19:22 wib

...
Para siswa-siswi berkumpul di Masjid Jami' Walisongo, Sumuragung, Sumberrejo, Bojonegoro (santrinews.com/ist)

Bojonegoro – Kebiasan saling bermaaf-maafan mewarnai hari pertama masuk sekolah setelah liburan di komplek pendidikan madrasah milik MWC NU Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro pada Senin pagi, 4 Agustus 2014.

Sebagaimana lazimnya rutinitas warga Ahlusunnah waljamaah di Indonesia yang membaur dengan masyarakat sekitar dimana aktifitas saling mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri dilanjutkan dengan saling bersalaman yang bertujuan untuk melebur segala kesalahan selama setahun yang lewat.

Begitu juga yang nampak di Komplek Pendidikan Ma’arif NU Kecamatan Sumberrejo ini. Nampak dari pagi hari kesibukan dewan guru mulai dari pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) menyiapkan anak didiknya untuk menempati serambi masjid Jami’ Walisongo yang berada di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo tersebut.

Kurang lebih tiga ratus limapuluhan siswa-siswi nampak duduk berjajar rapi di serambi masjid yang didominasi warna hijau muda tersebut. Nampak keriuhan dan keceriaan di muka anak-anak dari PAUD, TK dan MI yang didampingi oleh guru masing-masing. Mereka mengikuti acara Halal-Bihalal yang dipusatkan diserambi Masjid tersebut.

Selain pembacaan sholawatan ala NU juga saling bersalaman seluruh siswa mulai dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pagi tersebut ditutup dengan bersalam-salaman sesama siswa dari kelas atas sampai bawah.

“Senang, seru bersalaman dengan seluruh teman-teman,” ujar Dika, salah satu siswa yang antusias mengikuti prosesi akhir kegiatan tersebut. (lina/jaz)