Dunia

Pakaian Wanita Iran Diawasi Polisi Khusus

Jum'at, 15 November 2013 18:49 wib

Iran – Iran adalah salah satu negara yang menerapkan aturan syariah Islam. Peraturan ini juga berlaku di segala aspek kehidupan masyarakatnya, termasuk cara berpakaian para wanitanya. Iran mempunyai aturan ketat yang harus diikuti oleh seluruh masyarakatnya. Jika melanggar bahkan ada polisi khusus yang akan menangkap para wanita ini.

Namun ternyata ada yang berubah dari Iran baru-baru ini. Presiden Iran baru saja memberikan pernyataan khusus mengenai aturan tentang pakaian syariah ini. Dia melarang polisi syariah untuk menangkapi para wanita yang dianggap berpakaian tidak sopan seperti yang dilansir oleh Merdeka.com 14 November 2013. Tindakan ini merupakan pemenuhan janji pemilu Rouhani untuk melonggarkan standar ketat terkait cara berpakaian secara islami di Iran.

Selain pemenuhan janji, tindakan ini juga merupakan salah satu hal yang ditempuh pemerintah Iran untuk melindungi para wanita di negara itu. Adanya polisi syariah menimbulkan aksi premanisame yang memberikan efek negatif kepada masyarakat Iran sendiri. Pelecehan terhadap wanita-pun lebih sering terjadi.

Meskipun begitu, pemerintah Iran juga masih menetapkan aturan yang harus ditaati oleh masyarakatnya. Mereka mempertahankan standar berpakaian secara islami yang baik. (jaz/ahay)