Nasional

Menpora Lepas Fun Bike Sepeda Santri di Lapangan Pesantren Sidogiri

Minggu, 15 Mei 2016 12:08 wib

...
Menpora Imam Nahrawi menggunting pita sebagai bentuk pelepasan Funbike Sepeda Santri dan peresmian Pasar Santri dalam rangka Milad ke-279 Pondok Pesantren Sidogiri, di Lapangan Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Ahad pagi, 15 Mei 2016 (santrinews.com/ist)

Pasuruan – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas Fun Bike Sepeda Santri dan Membuka Pasar Santri dalam rangka Milad ke-279 Pondok Pesantren Sidogiri, di Lapangan Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Ahad pagi, 15 Mei 2016.

Dengan didampingi Bupati Pasuruan Gus Irsyad Yusuf, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Anwar Sadat dan Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KH Nawawi Abdul Djalil, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan kebahagiaannya bisa berkumpul dengan para santri dan kiai untuk memeriahkan even yang sangat luar biasa untuk sehat bersama dengan bersepeda.

“Saya atas nama Kemenpora menyambut baik dan insya Allah kedepan kita akan selalu memberdayakan partisipasi dari pondok (pesantren) untuk kemaslahatan bersama, “ kata Imam saat memberikan sambutan.

Menurut Menpora, kebugaran jasmani santri juga merupakan bagian terpenting dalam proses pendidikan dan membangun karakter.

“Sebagian orang mengatakan di pondok pasti hanya diajari kitab suci dan kitab kuning, tapi sekarang dapat kita lihat bahwa pesantren khusunya Sidogiri tidak hanya mengajari santrinya untuk hafal dan memahami kitab suci, tetapi dilatih untuk sehat jasmani dan rohani, “ ujarnya.

“Hari ini kita semua melihat perpaduan itu betul-betul nyata di lapangan, kita ingin berolahraga di saat kita juga ingin bersama-sama berolahrasa,” lanjutnya.

Ketua panitia Mas Nawawi mengatakan, kegiatah funbike ini dilaksanakan setiap tahun, dan ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. “Kegiatan funbike menempuh jarak sejauh 22 km dari Sidogiri-Lautan-Blembem-Pajaran-Contong-Warung Dowo-Sidogiri dan diikuti oleh 5000 lebih peserta dari berbagai kelompok usia, “ ujar Nawawi. (hasan/ahay)