Nasional

Lomba Video Pesantren Turut Meriahkan Hari Santri

Kamis, 15 September 2016 10:02 wib

...

Surabaya – Guna memeriahkan Hari Santri Nasional yang akan diperingati 22 Oktober mendatang, Komunitas Admin Instagram Santri (AIS) Nusantara yang beranggotakan hampir 100 admin dari berbagai akun mengadakan lomba video pesantren atau yang diberi nama “VideoTren Contest 2016” dengan tema lomba “Kreativitas Santri untuk Negeri”.

AIS adalah komunitas yang beranggotakan admin dari berbagai akun instagram dan memiliki latar belakang santri atau memiliki kedekatan emosional dengan pesantren.

“VideoTren Contest” tahun ini merupakan penyelenggaraan pertama oleh AIS. Lomba nantinya terbuka bagi santri, alumni pesantren ataupun yang memiliki perhatian kepada dunia pesantren di seluruh Indonesia.

Ada tiga sub-tema video yang bisa dipilih peserta, pertama adalah sosok atau kiai Nusantara, kedua, sejarah pesantren dan sub-tema terakhir adalah cerita unik atau nostalgia pesanten. Peserta bisa mengirimkan videonya hingga 20 Oktober 2016

“Nantinya juara pertama sampai ketiga serta juara favorit akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Santri Nasional 2016 di Yogyakarta, 22 Oktober 2016,” kata Ketua panitia Muhammad Yordanissalam.

Persyaratan lomba ini bisa dibilang mudah. Syarat meliputi: (1) santri, alumni pesantren maupun pihak yang memiliki perhatian kepada dunia pesantren di seluruh Indonesia. (2) Memilih salah satu dari sub tema yang tersedia, (3) Video diupload di Youtube dengan format judul video youtube “Videotren 2016_Judul Video” (tanpa tanda petik), (4) Video tidak sedang diikutkan lomba serupa atau pernah diikutsertakan dalam lomba.

Syarat selanjutnya adalah peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu karya. Video yang telah dikirim akan menjadi hak panitia, dan syarat terakhir adalah peserta wajib menyertakan subtitle berbahasa Indonesia apabila percakapan dalam video yang dikirim menggunakan bahasa daerah.

“Tiap peserta wajib mengunggah videonya di Youtube dan setelah itu mengisi formulir di s.id/lombavideopesantren,” jelas Danis, sapaan akrabnya.

Sejumlah juri akan dilibatkan pada kegiatan ini. Ada Aman Sugandhi, praktisi perfilman nasional, H A Hakim Jayli MSi, Direktur TV9 Nusantara, Savic Ali dari NUtizen, Hasan Chabibie ST MSi dari Pustekkom Kemdikbud.

“Untuk mengikuti lomba ini, peserta tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis,” pungkasnya.

Untuk mengetahui ketentuan lomba, formulir pendaftaran dan mekanisme lomba, bisa dicek di: www.alasantri.id atau mengubungi panitia yakni Ila di 082337307823, Aziz 085706412798 dan bisa juga melalui email: lombavideotren@gmail.com. (nabil/ahay)