Nasional

Ini Tuntutan Kopri PMI Jatim Pada Timsel Bakal Calon Ketua PB PMII

Senin, 13 Februari 2017 17:36 wib

...
Logo resmi Kongres XIX PMII (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Pelaksanaan Kongres XIX PMII pada 2-6 Mei 2017 mendatang yang saat ini sudah sampai pada tahap verifikasi bakal calon ketua, mulai memanas. Pasalnya, diantaranya adanya cabang yang memberikan rekomendasi ganda kepada dua bakal calon.

Dua kandidat dari PMII Cabang Daerah Istimewa Jogjakarta, Fika Taufiqurrohman dan Rizavan Shufi Thoriqi, sama-sama mendaftar dan mengembalikan berkas formulir bakal calon ketua umum PB PMII ke Badan Pekerja Kongres (BPK) PB PMI.

Kini, permasalahan kembali muncul dengan adanya surat edaran dari Kopri PKC PMII Jawa Timur yang ditujukan kepada BPK PB PMII.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Ketua Kopri PKC PMII Jatim Nafisatul Qudsiyah, dan sekretaris Seikha Nurosida, itu dinyatakan bahwa “Kopri PKC PMII Jawa Timur tidak dapat merekomendasi sahabati Athik Hidayatul Ummah untuk maju menjadi calon ketua Kopri PB PMII dengan berdasarkan hasil rapat pleno Kopri PKC PMII Jawa Timur periode 2016-2018.”

“Iya kami membuat edaran ditujukan kepada BPK PB PMII melalui email resmi BPK.” kata Nafis, saat dikonfirmasi via whatsapp, Senin, 13 Februari 2017.

Nafis meminta BPK Kongres XIX PMII untuk lebih tegas, profesional, dan tepat waktu dalam melakukan seleksi dan verifikasi bakal calon ketua Kopri PB PMII. “Netralitas harus terus dikedepankan demi pencapaian demokrasi yang lebih baik di tubuh PMII,” tegasnya.

Athik Hidayatul Ummah, salah seorang diantara enam bakal calon ketua Kopri PB PMII yang telah mendaftar dan mengembalikan berkas formulir ke BPK Kongres XIX PMII beberapa hari lalu.

Athik mengantongi rekomendasi diantaranya dari PKC PMII Jatim, bukan dari Kopri PKC PMII Jatim. “Iya benar, satu-satunya calon ketua Kopri PB PMII dari Jatim,” kata Ketua Umum PKC PMII Jatim, Zainuddin, saat dikonfirmasi.

Saat ini, BPK Kongres PMII tengah melakukan proses verifikasi terhadap berkas bakal calon tersebut. Sesuai keterangan BPK Kongres PMII beberapa hari lalu, hasil verifikasi sedianya diumumkan pada 10 Februari 2017 lalu. Namun hingga sekarang belum informasi kapan akan diumumkan.

Saat dikonfirmasi, Ketua BPK Kongres PMII, Bambang Tri belum memberikan penjelasan kapan akan d1iumumkan. “Belum,” jawab Bambang singkat.

Nanti, mereka yang dinyatakan lolos akan berkompetisi memperebutkan posisi ketua Kopri PB PMII dalam Kongres XIX PMII di Palu, Sulawesi Tengah pada 2-6 Mei 2017 mendatang.

Kongres XIX PMII akan dihadiri 7000 kader, alumni serta sejumlah pejabat tinggi negara dan dijadwalkan akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. (ubaid)