Nasional

Kiai Nawawi Sidogiri Doakan La Nyalla Amanah Pimpin DPD RI

Kamis, 26 Desember 2019 20:30 wib

...
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KH Nawawi Abdul Jalil (santrinews.com/istimewa)

Sidogiri – Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Kedatangan La Nyalla disambut pengasuh KH Nawawi Abdul Jalil.

Selain berterima kasih atas kedatangannya, Kiai Nawawi juga mendoakan La Nyalla sukses dan amanah dalam memimpin DPD RI.

La Nyalla menyampaikan kebanggaan dan kekagumannya dengan perkembangan serta kemandirian Pondok Pesantren Sidogiri.

Baca juga: La Nyalla Siap Bantu Gubernur Khofifah Majukan Perekonomian Jatim

Menurut dia, Sidogiri adalah satu diantara pesantren yang berhasil mendidik santri menjadi santripreneur. Salah satunya dengan mengembangkan Baitul Maal wa Tamwil (BMT).

“Ini contoh dalam pengembangan entrepreneur para santri, nanti mereka setelah lulus dapat mengembangkan di daerah masing-masing, sehingga roda perekonomian dapat hidup dan menghidupi kebutuhan para santri dan keluarga,” kata La Nyalla, Rabu malam, 25 Desember 2019.

BMT Sidogiri didirikan sejak 1997. Kini setiap setahun, omsetnya mencapai sekitar Rp66 triliun.

Selain Bank Perkreditan Rakyat (BPR), BMT Sidogiri juga mengembangkan berbagai unit bisnis yang dikelola oleh para alumni Sidogiri, di antaranya swalayan, perusahaan IT, asuransi, properti, agro, travel haji dan umrah.

Selain itu juga ada produksi air minum dalam kemasan yang juga memiliki omzet cukup besar.

Dengan keberhasilannya itu, Sidogiri kini terkenal menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa. (shir/red)