Pesantren, Agen Pemberdayaan Ekonomi Umat

H Mahmud Ali Zain, direktur Koperasi BMT UGT Sidogiri (santrinews.com/istimewa)

Pasuruan – Owner CT Corp, Chairul Tanjung mengatakan, umat Islam di Indonesia berjumlah sekitar 80 persen. Namun, ekonomi umat hanya berkontribusi kurang dari 20 persen.

Chairul Tanjung menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara di acara Seminar Nasional ‘Peran Pengusaha Muslim Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Umat’ bersama Dr (HC) Chairul Tanjung, founder of CT Corp, di gedung BMT Maslahah, Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Ahad, 10 November 2013.

Menurut Chairul, jika organisasi masyarakat Islam di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mempunyai usaha ekonomi yang dapat dikelola dengan benar dan profesional, maka organisasi tersebut akan maju dan menjadi agen perubahan.

Dia pun mengaku senang dengan Pondok Pesantren Sidogiri yang telah memiliki jaringan ekonomi yang kuat untuk membangun ekonomi ke depan tanpa meninggalkan pembangunan keagamaan. “Sidogiri adalah contoh yang luar biasa,” ujarnya.

“Bayangkan jumlah pesantren berapa ribu. Kalau setiap pesantren bisa seperti Sidogiri, maju nggak umatnya,” imbuh dia di acara yang dihadiri pengurus lembaga ekonomi Pondok Pesantren Sidogiri itu.

Dia menegaskan, CT Corp siap mendorong ekonomi Pondok Pesantren Sidogiri untuk terus maju. Namun Ia juga meminta kesuksesan yang diraih Sidogiri untuk ditularkan ke pondok pesantren lainnya.

“Kalau sudah mampu, bantu yang lainnya. Sehingga bisa bergerak (pertumbuhan ekonomi untuk umat) meski tidak cepat tapi bertahap pergerakannya. Jangan hanya maju sendiri, yang lainnya juga mau berubah,” ujarnya. (hay)

Terkait

IQTISHOD Lainnya

SantriNews Network