Wakil Ketua MPR Buka Pameran Haji Internasional di Jakarta

Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang membuka secara resmi Pameran ke-VIII Umrah Haji Internasional Pariwisata di Hotel Raffles Kuningan Jakarta, Rabu, 26 Oktober 2016.

Pameran ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia ini diikuti oleh 55 peserta. Mereka terdiri para pengusaha travel biro haji umrah, perhotelan, dan restoran dari Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi. Hadir dan memberi sambutan Duta Besar Jordania untuk Indonesia, Walid Al Hadid.

Dalam sambutannya, Oesman Sapta menyatakan, bicara soal haji dan umrah, semua orang ingin mendapatkan pelayanan yang paling baik. Dari pengalaman dia naik haji pada 1982 dan terakhir dua bulan lalu, dari hotel-hotel yang pernah ditempatinya, dia mendapat pelayanan yang baik.

Berdasarkan pengalaman itu, Oesman Sapta menyatakan, tak perlu diragukan lagi bahwa even ini diselenggarakan oleh orang-orang profesional.

Karena itu, menurut Oesman Sapta, apa yang ditampilkan di sini pada dasarnya adalah fasilitas yang disediakan di Arab Saudi. Mereka, di Arab Saudi, juga bersaing, terutama antarhotel dalam soal harga.

“Maka pandai-pandai orang Indonesia menempat diri,” ujarnya. Apalagi kans Indonesia sangat besar, sekitar 600 ribu jemaah haji dan umrah setiap tahun.

“Kalikan saja 600 ribu kali, katakanlah 1000 dolar Amerilka per orang, itu sudah sangat besar,” ujar dia menggambarkan besarnya bisnis haji dan umrah ini.

Pameran ke-VIII Haji Umrah Pariwisata di Raffles Hotel ini berlangsung selama dua hari yakni 26 dan 27 Oktober 2016.(us/ss)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network