Gerakan Nusantara Mengaji Capai 325 Ribu Khataman Alquran

H Abdul Muhaimin Iskandar memberikan sambutan pembukaan Nusantara Mengaji di Alun-alun Jember, Sabtu 7 Mei 2016 (santrinews.com/detik)

Jember – Khataman Alquran dalam Gerakan Nusantara Mengaji ternyata melampaui target. Dari target semula 300 ribu khataman Alquran, ternyata mampu tembus hingga 325 ribu.

Menurut Inisiator Gerakan Nusantara Mengaji, H Abdul Muhaimin Iskandar, pihaknya sudah mendapatkan laporan yang mencengangkan dari panitia kegiatan.

“Sejak kemarin sore sudah terkumpul pendaftaran sebanyak 313. 800 khataman. Terakhir jumlahnya mencapai 325 ribu,” kata pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini dalam sambutan pembukaan Nusantara Mengaji di alun-alun Jember, Sabtu 7 Mei 2016.

Tentu saja, lanjut cak Imin, jumlah ini jika dibandingkan dengan target sudah melebihi. Panitia menargetkan 300 ribu khataman Al Quran. Apalagi, jika ditotal diakuinya juga banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ada sekitar 2,8 juta sekian warga yang terlibat dalam acara ini. Itu dari Papua hingga Naggroe Aceh Darussalam,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun cukup senang dengan antusiasme masyarakat Indonesia dengan kegiatan ini. Bahkan, untuk di Jember bisa tumplek blek ngaji bersama di Alun-alun Jember.

Kegiatan ini memang dibuka serentak untuk Jember dan Indonesia barat pukul 19.00 WIB. “Untuk tengah pukul 20.00 WITA dan 21.00 WIT di wilayah timur,” tegasnya.

Sehingga ketika dimulai, semua langsung mengaji secara serentak untuk kebaikan bangsa. Cak Imin berharap dengan acara serentak se Indonesia dilaksanakan khotmil Quran akan membuat bangsa semakin maju.

“Juga semakin terbuka kesadaran seluruh rakyat Indonesia dan terkabul doa-doa masyarakat,” jelasnya.

Untuk kegiatan di Jember sendiri, ribuan orang sudah berduyun-duyun menuju ke Alun-alun sejak sore hari. Mereka sudah menempati lokasi yang digelar di tengah-tengah Alun-alun Jember. Kegiatan dimulai dengan sholat berjamaah di Alun-alun.

Cak Imin sendiri didapuk membuka acara membaca Al Quran dengan memimpin membaca surat Al Fatihah yang diikuti oleh peserta Gerakan Nusantara Mengaji se-Indonesia. Kegiatan yang digelar serentak secara nasional ini disambungkan teleconference oleh TV nasional dengan kegiatan yang digelar di lima propinsi yang berbeda.

Untuk Jawa Timur yang dipusatkan di Jember akan terkoneksi dengan Brebes (Jawa Tengah), Deli Serdang (Sumatera Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Bandung (Jawa Barat) dan Siaran PBNU Jakarta.

Selain acara Gerakan Nusantara Mengaji, kegiatan di Jember juga akan dibarengkan dengan shalawat Nabi Jamiyah Shalawat Al Amin dan peringatan Harlah ke-93 NU hingga malam hari. (rus/dtk)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network