Buku

Menembus Kecanggihan Zaman Mutakhir

Selasa, 25 Maret 2014 14:28 wib

...

Judul : Ken & Kaskus
Penulis : Alberthine Endah
Tebal : 359 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbitan : Juli 2013
ISBN : 978-602-7816-59-6
Peresensi : Zaitur Rahem

KEMAJUAN zaman terus saja melejit. Bahkan, kemajuan seperti mengiringi dentang jarum jam. Manusia juga mengalami proses kemajuannnya seiring petunjuk dari jarum jam. Jarum jam adalahwaktu yang mengarahkan dan merubah situasi dan kondisi kehidupan zaman, dimana manusia itu hidup. Perkembangan dan kemajuan zaman pada gilirannya juga meyakinkan manusia yang hidup di zamannya unuk terus berbenah, melakukan tindakan alternatif, sebagai jawaban untuk mengikuti irama perubahan zamannya.

Salah satu tanda bahwa zaman itu maju, berubah dan berkembang adalah lahirnya sejumlah produk-produk tekhnologi canggih. Produk-produk tekhnologi itu seperti menjadi penopang dan penyempurna bagi manusia dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya. Produk-produk tekhnologi canggih ini kemuian memmbutuhkan olah rasa, olah pikir dan praktik nyata dalam manusia.

Sumbangsih manusia salah satunya adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Pekerjaan baru tersebut karena terinspirasi oleh cita rasa produk tekhnologi canggih. Salah satu inspirasi itu adalah terciptanya komunikasi sosial lewat jejaring dunia maya. Komunikasi jejaring sosial ini yang terkenal adalah jejaring komunikasi yang diciptakan oleh Ken dan Kaskus.

Altifitas Ken dan Kaskus dalam membangun komunikasi dengan dunia lewat jaring sosial bukan sekedar kesenangan. Di banding pekerjaan dalam dunia profesi keseharian, apa yang dilakukan oleh kedua manusia modern ini mampu menyedot perhatian publik yang berkecimpung di dunia maya. Setiap malam, bahkan dalam setap hitungan jam, Ken dan Kaskus dikelilingi ribuan penonton yang menyaksikan posting informasi di jejaring sosial. Aneka informasi yang disajikan kedua manusia ini diburu masyarakat. Sebab, informasi yang mereka sampaikan adalah informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang gila pekerjaan (hal. 30-45)

Buku ini adalah rekam jejak yang berisi informasi seputar kesuksesan dari Ken dan Kaskus. Karya ini seperti menjadi persaksasian atas sebuah perjuangan dunia anak manusia yang berhasil menorehkan prestasi gemilang. Setidaknya, prestasi yang mereka torehkan ini dibutuhkan dan bermanfaat bagi kepentingan hidup manusia. Sisi penting dan manfaat ini menjadi modal utama untuk menyimpulkan sebuah pekerjaan yang diciptakan itu penting (prestisius).

Buku ini berisi ruh motivasi dan spirit juang tinggi. Meskipun di dalamnya memang sebatas informasi prestasi dua orang bernama, Ken dan Kaskus. Buku ini akan terihat kuat jika dibangun dengan opini dari publik yang merespon prestasi dari kedua manusia bergengsi ini.

Akan tetapi, di balik sisi kekurangan dan kelebihannya, pembahasan dalam buku ini memiliki muatan ide yang kuat. Ide yang ada mampu menggerakan semangat dan motovasi untuk tampil menjadi lebih eksis dan prinsipil. Ken dan Kaskus adalah sosok pemuda Indonesia sukses, kita berharap selanjutnya akan lahir Ken dan Kaskus yang baru. (*)

Zaitur Rahem, Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA), Sumenep.