Daerah

Korem Tadulako Palu-Kemenkumham Jalin Kerjasama Program Deradikalisasi Bagi Napi

Rabu, 22 Juli 2020 16:00 wib

...
Komandan Korem 132/Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah Brigjen TNI Farid Makruf bersama Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah Lilik Sujandi (santrinews.com/istimewa)

Palu – Komandan Korem 132/Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah Brigjen TNI Farid Makruf menerima kunjungan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah Lilik Sujandi beserta staf, di Ruang Kehormatan Danrem 132/Tadulako, Selasa 22 Juli 2020.

Suasana pertemuan berlangsung akrab. Kedua pimpinan lembaga ini merumuskan kegiatan sinergitas. Dua institusi pemerintah bersepakat untuk melaksanakan program deradikalisasi bagi para narapidana.

“Saat ini jajaran Korem dan Kemenkumham bekerjasama dengan baik dalam pengawasan dan pengamanan Lapasdi seluruh Sulteng,” tutur Brigjen Farid.

Menurut jenderal asal Madura ini, sinergitas akan dilanjutkan dengan program deradikalisasi. Caranya, menghadirkan pramuka ke Lapas dan bertemu para Napi. Anak pramuka di bawah binaan Korem 132/Tdl bernaung dalam wadah Saka Wira Kartika.

“Dengan didampingi Babinsa, akan diterjunkan ke Lapas untuk membina para Napi di bidang kepramukaan. Kemudian bela negara, anti narkoba dan deradikalisasi,” ujarnya.

Dalam berinteraksi dengan para Napi, aktivis Pramuka diharapkan agar lebih mengenal secara langsung kondisi Lapas. Dengan melihat kondisi para napi, mereka akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga tentang sisi lain kehidupan di Lapas.

“Dengan tahu langsung isi di lapas, biar ada pelajaran buat adik pramuka. Sehingga bisa mengambil pelajaran untuk tidak meniru,” pungkas dia. (rosi/onk)