Daerah

Ratusan Santri Ikuti Festival Anak Saleh Indonesia

Minggu, 20 Desember 2015 18:52 wib

Berau – Pemerintah Kabupaten Berau bersama Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) menggelar Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) X Tahun 2015. Ratusan santri dari berbagai taman pendidikan Alquran se-Bumi Batiwakkal mengikuti berbagai lomba yang secara resmi dimulai di Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, Sabtu, 19 Desember 2015.

FASI dibuka oleh Asisten II Bidang Pembangunan Setkab Berau Syamsul Abidin sekaligus membacakan sambutan Penjabat (Pj) Bupati Berau, Syarifuddin.

Ketua BKPRMI Berau Abdurrahman dalam laporannya menyampaikan FASI X tidak hanya menjadi ajang berkompetisi bagi para santri maupun para guru pendamping. Namun lebih dari itu, kegiatan ini untuk membangun silaturahmi para ustaz dan ustazah, sebagai pendamping santri dan santriwati.

Melalui kegiatan ini juga mempersiapkan generasi berprestasi yang nantinya akan membawa nama baik Berau untuk tampil di ajang FASI di tingkat provinsi bahkan nasional. “Peserta dalam lomba ini sebanyak 570 santri dari 54 TPA di beberapa kecamatan,” ungkapnya.

Beberapa cabang lomba yang diadakan dalam rangkaian FASI X disampaikannya antara lain, tilawah Alquran, hafalan juz amma, terjemah lafdziyah, kisah islami, kaligrafi, ceramah agama Islam bahasa Indonesia. Tartil Alquran, azan, iqamah, ikrar, dan lagu-lagu islami, cerdas cermat Alquran, mewarnai gambar, serta lomba peragaan salat. Masing-masing dengan kategori, TKA, TPA, dan TQA.

Pj Bupati Berau Syarifuddin, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setkab Berau, Syamsul Abidin, menyambut baik Festival Anak Saleh Indonesia yang sudah menjadi agenda rutin ini.

Ajang ini, kata dia, bisa menjadi media membentuk generasi Qurani. Serta yang terpenting adalah membangun silaturahmi fungsional dalam menopang ukhuwah islamiyah. Terutama bagi para kalangan pengurus TKA, TPA, dan TQA maupun BKPRMI, para pengelola, guru maupun para santri. “Semangat dan profesionalisme akan semakin tumbuh, baik bagi santri maupun pengelola TK/TP Alquran,” ucapnya.

Melalui ajang FASI X tahun ini diharapkan akan semakin memacu semangat para santri dalam meraih prestasi, terus belajar, dan sharing dengan keterlibatan ratusan santri di acara ini.

Syarifuddin berharap, kegiatan ini menjadi pemberi motivasi tersendiri bagi anak-anak santri. Sehingga akan terus mencatatkan prestasi di tingkat kabupaten dan provinsi hingga nasional.

Pada pembukaan juga diserahterimakan piala bergilir dari juara umum tahun lalu kepada ketua BKPRMI Berau dan selanjutnya diserahkan kepada panitia pelaksana untuk kembali diperebutkan. (rus/kaltimpos)