Daerah

Dorong Cita-cita Santri, Gubernur Aceh Serahkan Beasiswa Baitul Mal

Minggu, 03 Juli 2016 17:07 wib

...
Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyerahkan beasiswa Baitul Mal secara simbolis kepada empat perwakilan santri Dayah Aceh (santrinews.com/ist)

Banda Aceh – Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyerahkan beasiswa Baitul Mal secara simbolis kepada empat perwakilan santri Dayah Aceh di Anjong Mon Mata, Jumat, 1 Juli 2016. Tahun ini, Baitul Mal Aceh menyalurkan beasiswa kepada 5.330 mustahik atau penerima sebesar Rp15,174 miliar,

“Saya berharap bantuan ini mendorong anak-anak kita untuk rajin belajar agar kelak mampu meraih cita-cita yang diimpikan, cita-cita untuk kesejahteraan Aceh di masa mendatang,” kata Zaini dalam keterangan tertulisnya.

Dalam ajaran Islam, zakat ditempatkan sebagai rukun Islam yang ketiga dan tidak sempurna keislaman seseorang jika dalam hartanya masih ada hak orang lain seperti fakir miskin dan anak yatim.

“Pentingnya memberi zakat sampai disebutkan 32 kali dalam Al-Qur’an,” jelasnya.

Zaini mengungkapkan Baitul Mal Aceh dibentuk oleh Pemerintah Aceh untuk menyalurkan bantuan zakat, infaq, dan sedekah dari muzakki kepada yang berhak.

Pada 2015 lalu, Baitul Mal Aceh mendapatkan penghargaan Zakat Award sebagai badan pengelola manajemen zakat terbaik se-Indonesia.

Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, lanjut Zaini, Indonesia memiliki potensi zakat yang bisa dihimpun hingga Rp217 triliun per tahun.

Di Aceh, potensi itu mencapai Rp1,4 triliun namun belum sepenuhnya terkumpul. Zakat, infaq dan, sedekah baru terkumpul Rp192 miliar di 2014 dan meningkat menjadi Rp218 miliar di tahun 2015.

Zaini berharap agar zakat, infaq dan sedekah bisa terus terkumpul dan bertambah sehingga kesejahteraan masyarakat bisa merata. (shir/mina)