Daerah

Sukseskan Visit Sumenep 2018, ISNU Minta Pemkab Berdayakan Potensi Lokal

Minggu, 29 April 2018 15:00 wib

...

Sumenep – Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumenep melaksanakan rapat kerja (Raker) di Kota Batu, Sabtu, 28 April 2018. Raker mengangkat tema Wisata Berkearifan Lokal.

Ketua PC ISNU Sumenep KH Muhammad Hosnan A Nafi’ mengatakan, tema ini sengat diangkat sejalan dengan program Pemkab Sumenep yang mengusung agenda Visit Sumenep 2018.

Program tersebut berskala nasional dengan memoles ragam destinasi wisata di kabupaten ujung timur Pulau Madura tersebut.

Menurut Kiai Hosnan, sejauh ini Pemkab Sumenep kurang percaya diri untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki. Ia menyebut, misalnya Pemkab Sumenep punya kecenderungan bekerja sama dengan lembaga riset perguruan tinggi (PT) di luar Madura.

“Padahal di Sumenep sendiri banyak perguruan tinggi yang SDM-nya tidak kalah bersaing, bisa diandalkan,” tegas dosen INSTIKA Guluk-Guluk tersebut.

Bagi ISNU Sumenep, tambah Kiai Hosnan, pemberdayaan terhadap potensi-potensi lokal adalah sangat penting. Hal itu guna mendorong spirit organ-organ lokal agar terus berbenah, berkembang, dan berkemajuan.

“Pemerintah harus peduli terhadap potensi-potensi lokal. Beri mereka tantangan supaya bisa berbenah dan bersaing dengan dunia luar. Itu bagian dari upaya pemberdayaan dan upgrading terhadap SDM lokal,” tegasnya. (red)