Daerah

Pimpin Upacara Hari Santri, Bupati Ciamis Dorong Santri Berpikir Inovatif

Selasa, 22 Oktober 2019 09:40 wib

...
Para santri mengikuti upacara Hari Santri Nasional 2019 di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (santrinews.com/detik)

Ciamis – Bupati Ciamis, Jawa Barat, Herdiat Sunarya mengajak para santri dan masyarakat untuk memperkokoh dan mengobarkan semangat kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

“Saya mengajak kepada para santri untuk berpikir inovatif dan futuristik,” kata Herdiat saat menjadi inspektur upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2019, di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Upacara ini diikuti para PNS, guru, santri dan elemen masyarakat.

“Upacara ini merupakan langkah strategis dalam menanamkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pemkab Ciamis, kata dia, mendorong santri untuk terlibat bersama-sama membangun Indonesia mandiri dan sejahtera sesuai ajaran Islam.

Herdiat menjelaskan bahwa di pesantren diajarkan mengatur urusan rohani dan duniawi secara sinergis.

Selain itu, Herdiat menjelaskan bahwa keberadaan pesantren di Ciamis memberi kontribusi besar dalam pembinaan umat. Untuk itu, sambung dia, eksistensi pesantren dan santrinya harus ditingkatkan.

“Pesantren memberi solusi kehidupan kemasyarakatan dengan kebersamaan. Oleh sebab itu nilai keislaman jadi inspirasi utama bagi warga mengekspresikan dalam sikap dan tingkah laku yang agamis,” tegasnya.

Fawaz Basri, salah seorang santri, berharap Hari Santri Nasional tahun ini sebagai momentum untuk para santri dan pesantren terus makin maju serta menjadi masa depan bangsa.

“Semoga semakin maju, semakin baik, alhamdulillah saya bangga jadi santri,” ucap Fawaz. (shir/dtk)