Nasional

KH Hasyim Muzadi: Ikhlas itu Ruh Perjuangan NU

Senin, 03 Maret 2014 12:02 wib

...
Rais Syuriah PBNU KH A Hasyim Muzadi (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Hasyim Muzadi menyatakan Muslimat NU yang memiliki lembaga pendidikan dan pesantren di berbagai provinsi itu merupakan salah satu dari tidak banyak organisasi yang ikhlas berjuang untuk orang banyak.

Hal itu disampaikan Kiai Hasyim Muzadi saat menghadiri Tasyakuran Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial NU (YTPSNU) “Khadijah” Surabaya, Ahad, 2 Maret 2014.

Dalam kesempatan itu, Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) H Djan Faridz hadir memberikan bantuan pembangunan Pesantren Kota Putra “Khadijah” di bawah naungan YTPSNU “Khadijah” Surabaya. Bantuan diberikan dalam bentuk bangunan melalui SK Hibah Rusunawa Santri.

“Ikhlas itulah ruh dari perjuangan NU dan para ulama, karena itu perjuangan yang ikhlas harus diteruskan. Kalau keikhlasan itu tidak diteruskan, maka NU hanya menjadi jasad tanpa ruh,” kata Kiai Hasyim.

Karena itu, pengasuh Pesantren Mahasiswa Al Hikam di Malang dan Depok itu memuji dukungan Menpera terhadap Muslimat NU melalui lembaga pendidikan dan pesantren.

“Kalau bantuan itu diberikan kepada organisasi, maka masyarakat akan diuntungkan dan itulah perjuangan para ulama, bukan keuntungan individu,” ujarnya (ant/hay)