Nasional

KH Hasan Abdullah Sahal: Mau Lihat Toleransi Datang ke Pesantren

Rabu, 18 Januari 2017 19:24 wib

...
Suasana kegiatan santri di Pondok Modern Gontor 2 Ponorogo, Jawa Timur (santrinews.com/republika)

Jakarta – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal, mengatakan bahwa toleransi merupakan aspek yang sangat akrab dengan santri-santri. Sebab, toleransi merupakan salah satu ciri khas dari suatu pesantren.

“Kalau mau lihat toleransi datang saja ke pesantren,” kata KH Hasan, Rabu, 18 Januari 2017.

Ia menjelaskan, Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat yang sangat lekat dengan toleransi, mengingat nilai-nilai itu ada hampir di semua aspek. Hasan menekankan, intoleransi malah banyak terjadi di luar dan tidak akan terjadi di pesantren, karena itu merupakan bagian dari ajaran Islam.

Kiai Hasan menegaskan, umat Islam itu sendiri merupakan sumber dari toleransi. Mengingat Alquran sebagai kitab suci agama Islam merupakan rujukan utama dari toleransi.

Sedangkan, intoleransi banyak dilakukan orang-orang yang ada di luar Islam, tapi malah menuduh umat Islam sebagai pelaku intoleransi. “Itu yang zaman dulu disebut maling teriak maling,” ujarnya.

Untuk itu, Kiai Hasan mengajak siapa saja yang hendak memahami arti toleransi agar datang ke Pondok Pesantren. Agar bisa melihat langsung bagaimana toleransi benar-benar dipraktikkan. Menurut Kiai Hasan, toleransi merupakan bagian dari Islam dan tentu bagian dari tata cara seorang Muslim menjalani hidup. (us/rol)