Nasional

Luncurkan Desa Wisata Pujon Kidul, Ini Harapan Mensos Khofifah

Sabtu, 11 Maret 2017 22:44 wib

...

Malang – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi hadirnya Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Khofifah berharap, ke depan didirikan taman edukasi bagi anak-anak untuk membawa mereka mencintai produk pertanian.

“Jika menyukai hasil pertanian, gizinya akan baik dan derajat kesehatannya juga akan bagus. Anak-anak juga bisa diberikan susu hasil ternak warga,” kata Khofifah usai pembukaan Agen46 sebagai BUMdes Pujon Kidul serta meluncurkan Desa Wisata, Sabtu, 11 Maret 2017.

Khofifah turut berpesan agar ibu-ibu pandai dalam mengelola keuangan. Jangan sampai hadirnya BUMdes justru menjerat pinjaman demi kebutuhan tak penting.

“Nanti Hari Kartini seragam baru, Lebaran baju baru. Jadi membengkak pinjamannya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah didampingi Bupati Malang Rendra Kresna yang turut memberikan paket sembako bersama Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto kepada masyarakat Pujon Kidul.

Suprajarto mengatakan, Agen 46 merupakan langkah BNI memperluas dan memperkuat upaya peningkatan literasi keuangan pada masyarakat yang selama ini kurang mendapatkan akses mudah pada layanan lembaga-lembaga keuangan, termasuk layanan perbankan.

“Ada dua agen yang sekaligus menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), yakni BUMdes Sumber Sejahtera dan BUMdes Bersama Bagus. Dan juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan kedua BUMdes tersebut,” terangnya terpisah.

Suprajarto mengungkapkan, selain MoU ini, BNI dan kedua BUMdes tersebut juga menyepakati kerja sama penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan penyaluran bantuan Program Bina Lingkungan dari BNI.

Bantuan Bina Lingkungan yang diberikan BNI kepada kedua BUMdes tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat operasional usahanya.

Hal tersebut dimungkinkan karena Bantuan Bina Lingkungan yang diberikan BNI berupa perangkat laptop beserta printer dan perangkat modemnya, sehingga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya terkait penambahan informasi/wawasan guna pengembangan inovasi pemasaran sekaligus produk.

Bantuan ini diserahkan kepada BUMdes Bersama Bagus. Adapun bantuan untuk BUMdes Sumber Sejahtera diberikan dalam bentuk sarana dan prasarana penerangan sehingga diharapkan dapat menopang pengembangan bisnisnya.

Dengan Agen46 yang dibuka di Pujon Kidul ini menambah jumlah Agen46 yang telah dioperasikan oleh BNI. Hingga saat ini, BNI telah membuka 40.000 Agen46 di seluruh Indonesia.

“Agen46 merupakan langkah nyata yang dilakukan BNI dalam mendukung program peningkatan literasi keuangan di Indonesia yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Lakupandai),” pungkasnya. (ubaid/dtk)