Nasional

17 Tahun Ibunda Jokowi Puasa Daud

Minggu, 26 November 2017 14:30 wib

...
Sujiatmi Notomiharjo mencium sang anak Joko Widodo (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Ada doa seorang ibu di balik keberhasilan seorang anak. Begitu juga keberhasilan Joko Widodo alias Jokowi menjadi Presiden. Salah satunya tak lepas dari olah spiritual ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo.

“Jokowi jadi presiden itu salah satunya karena doa ibunya. Luar biasa, ibunya itu telah menjalankan puasa Daud selama 17 tahun,” kata Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Dr H Henri Subiakto.

Hal itu diungkapkan Henri saat menjadi pembicara dalam Forum Dialog dan Literasi Media di Hotel Haris Malang, Rabu, 15 Nopember 2017, dua pekan lalu.

Laku spiritual Sujiatmi itu didapatkan Henri dari almarhum KH Hasyim Muzadi, mantan Ketua Umum PBNU. Henri mengaku sangat dekat dengan Kiai Hasyim.

Pada 2014 lalu ketika Kiai Hasyim mendukung pencalonan Jokowi sebagai presiden, Henri sempat memprotesnya. Tapi, jawaban spiritual itulah yang dikemukakan oleh Kiai Hasyim.

Puasa Daud adalah puasa sunnah yang dijalankan sehari puasa sehari berbuka.

“Ibu-ibu yang ada di sini supaya melakukan puasa Daud dan amalan shalih lainnya. Supaya anak-anak kita sukses semua,” kata Henri di hadapan peserta. (red)