Kemenpora Perkuat Bekal Ketahanan Keluarga di Kalangan Milenial

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh, saat membuka program Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) di Laboratorium Keagamaan MAN 1 Jember, Jumat, 13 Desember 2019 (santrinews.com/istimewa)

Jember – Maraknya kasus perceraian, kekerasan seksual, kekerasan dalam rumah tangga hingga penerlantaran anak dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi keprihatinan banyak kalangan.

Rapuhnya bangunan ketahanan keluarga ini mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meluncurkan program Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT).

Program yang digelar di 13 kota ini dirancang untuk menyiapkan anak muda yang berwawasan luas, berkepribadian dan memiliki jiwa kepemimpinan, baik pemimpin domestik maupun pemimpin publik.

“Untuk menjadi pribadi, ayah atau suami, dan ibu atau istri yang baik juga membutuhkan kecakapan atau skill dalam membentuk rumah tangga, sehingga mereka dapat melahirkan generasi penerus yang baik,” kata Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Niam Sholeh, saat membuka PKPRT di Laboratorium Keagamaan MAN 1 Jember, Jumat, 13 Desember 2019.

Baca juga: Beruswah kepada Keluarga Rasulullah

Mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ini menuturkan, program ini diharapkan mampu menjawab salah satu isu penting, bagaimana kesiapan dan kemampuan anak muda dalam membina sebuah rumah tangga.

“Ini juga bagian dari komitmen Kemenpora untuk terus melayani anak muda lewat program inovatif dan aktual,” ujar Niam.

Dengan bekal pengetahuan dan kecakapan yang memadai, Kemenpora berharap dapat berkontribusi positif dalam memperkuat ketahanan keluarga di kalangan milenial.

“Sebab, berbagai kasus yang menimpa masyarakat kita domainnya bersumber dari lemahnya kelompok terkecil dalam masyarakat, yakni keluarga,” imbuh alumnus Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Jember ini.

Baca juga: Kemenpora Hidupkan Gobak Sodor di Pesantren

Dalam kesempatan itu, Niam hadir didampingi beberapa alumni MAN 1 Jember yang telah berkiprah di berbagai bidang. Antara lain Asrori S. Karni (Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi), Susianah Affandy (anggota KPAI dan Ketua KOWANI) dan Nur Hidayat (pegiat Persaudaraan Profesional Muslim Aswaja). (red)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network