Politik

Taat Kiai Sepuh, PKB Usung Gus Ipul dalam Pilgub Jatim

Rabu, 24 Mei 2017 21:30 wib

...
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersama para kiai sepuh di Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Rabu, 24 Mei 2017 (santrinews.com/ist)

Probolinggo – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan akan mengusung Saifullah Yusuf atau yang biasa dipanggil Gus Ipul sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.

Keputusan akan diambil setelah Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar mendengar aspirasi para kiai sepuh dalam pertemuan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Rabu, 24 Mei 2017.

Baca: PKB Konsisten Usung Halim Iskandar, Cak Imin Safari ke Para Kiai

Semula PKB akan mencalonkan Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. “Tadi ada pertemuan informal sebelum pertemuan formal ini. Saya sudah berusaha meyakinkan kepada para kiai bahwa Pak Halim Iskandar (semula, red) sebagai calon gubernur Jatim yang diusung PKB,” kata Muhaimin usai silaturahmi di Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Dengan berbagai argumentasi, lanjut dia, PKB menyampaikan pertimbangan dan setelah bermusyawarah, maka seluruh kiai sepakat pada satu nama yakni Saifullah Yusuf berdasarkan hasil pertemuan kiai se-Mataraman dan Tapal Kuda.

Menurutnya pendapat para kiai tersebut menjadi landasan keputusan, agar ia mengusung Wakil Gubernur Jawa Timur itu sebagai calon tunggal calon Gubernur Jatim dari PKB.

Baca Pula: Pengamat: Tantangan PKB Menyatukan Suara NU

“Tentunya saya akan ‘Sami’na Wa Ataqna’ (mendengar dan menjalankan) kesepakatan para kiai ini. Saya akan tunduk dan patuh pada ulama-ulama yang memang kami muliakan, seperti Kiai Nawawi, Kiai Mutawakkil, Kiai Saiful Islam, Kiai Anwar dan kiai lainnya,” tuturnya.

Ia mengakui keputusan tersebut akan membuat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB kaget karena sejak awal PKB telah menggaungkan akan mengusung Halim Iskandar sebagai bakal calon Gubernur Jatim.

Bahkan spanduk bertuliskan “Holopis Kuntul Baris” sebagai slogan Gus Halim sudah banyak tersebar di beberapa wilayah Jawa Timur.

“Saya akan menggelar rapat DPP PKB malam ini. Semoga saja keputusan ini disetujui yakni mengusung Gus Ipul sebagai bakal calon Gubernur Jatim dari PKB dan tidak sampai voting. Saya juga akan meyakinkan pada Pak Halim, agar menerima keputusan ini,” ucap Muhaimin yang juga adik kandung Halim Iskandar tersebut.

Mengenai bakal calon Wakil Gubernur Jatim yang akan mendampingi Gus Ipul, lanjut dia, PKB akan bermusyawarah dengan Gus Ipul dan Halim Iskandar, serta partainya juga akan musyawarah dengan partai koalisi.

“Walaupun sebenarnya kursi PKB sudah cukup untuk mengusung sendiri Cagub-Cawagub Jatim, tetapi kami tetap membuka ruang berkoalisi dengan partai lain. Kalau bisa dua-duanya dari PKB. Jika tidak, minimal kita utamakan dari kader Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong KH Hasan Mutawakkil Alallah menjelaskan para kiai dimintai pendapat mengenai calon gubernur usulan PKB dan hasilnya para kiai sepakat hanya satu nama, yaitu Gus Ipul karena dinilai sosok tepat untuk memimpin Jawa Timur periode mendatang.

“Mengenai bakal calon Wakil Gubernur Jatim, kami menilai hal itu urusan internal PKB. Para kiai hanya sebatas memberikan arahan terkait kursi Jatim 1, sedangkan Jatim 2 diserahkan sepenuhnya pada mekanisme politik partai tersebut,” katanya. (rus/ant)