Politik

Tinggalkan Gus Ipul, Para Kiai Banyuwangi Berbalik Dukung Khofifah-Emil

Rabu, 04 April 2018 21:18 wib

...
Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersilaturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren An Nur III, Bululawang, Malang, KH Akmad Qusyari Anwar, pada Ahad 4 Maret 2018 (santrinews.com/ist)

Banyuwangi – Dukungan untuk pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak terus berdatangan. Kiai-kiai Banyuwangi kini beralih dukung pasangan Khofifah-Emil.

Baca: Demi NU, Kiai Pesantren Restui Khofifah Maju Pilgub Jatim

Yang menarik, dahulu para kiai yang pernah mendukung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul kini lebih memilih Khofifah. Salah satunya Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum, KH Yusuf Nur Iskandar.

Kiai Yusuf menegaskan dirinya lebih memilih Khofifah karena menurutnya Khofifah lebih peduli umat ketimbang Gus Ipul.

“Dulu saya Gus Ipul tapi sekarang enggak. Sekarang Khofifah wes wayahe. Saya berpikir Ibu Khofifah ini lebih cerdas, lebih mengakar dan punya kepedulian terhadap umat,” kata Kiai Yusuf dengan yakin.

Baca Juga: Mayoritas Kiai NU Kultural Dukung Khofifah

Kiai Yusuf juga melihat Khofifah sosok yang tulus bekerja untuk rakyat. Dari sisi politisi, Khofifah disebut sosok yang mempunyai visi yang jelas.

“Beliau orang yang komitmen, bukan tipe pengkhianat. Saya dan bu Khofifah sudah lama. Beliau ini visinya lurus. Di tengah hiruk pikuk saling menjegal, bu Khofifah ini baik, punya komitmen,” ungkapnya, Rabu, 4 April 2018.

Baca Juga: Demi Amanah Gus Dur, Khofifah Komitmen Berdayakan Pesantren

Pasangan Khofifah-Emil, dikatakan Kiai Yusuf, diprediksi sudah menjadi pilihan masyarakat Banyuwangi. Selain itu, Kiai Yusuf juga melihat masyarakat sudha bisa melihat siapa yang yang terbaik.

“Insyaallah di daerah ini menang karena dua periode ini ibu ini selalu menang. Insyaallah orang udah cerdas, melihat pidatonya. Orang sudah bisa menilai. Bu Khofifah di tempat yang tepat. Ibu Khofifah ya sangat tepat di Jawa Timur,” tuturnya.

Baca Juga: Kiai Pasuruan: Santri Sejati Gus Dur Pasti Dukung Khofifah

Dukungan juga datang dari Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro, KH Khotib Habibullah, Glenmore. Kiai Khotib melihat dorongan masyarakat Banyuwangi yang semakin besar ke Khofifah. Selain itu, pengalaman juga menjadi pertimbangan kiai Khotib untuk memilih Ketua Muslimat NU tersebut.

“Bu Khofifah kenal baik bu Khofifah dari 1998. Saya dan keluarga, alumni mendukung bu Khofifah. Nampaknya masyarakat kecil yang nampak sekarang lebih dekat ke Khofifah. Pengalaman di menteri sosial, itu kan bisa melihat membenahi masyarakatnya,” pungkasnya. (shir/onk)