Konfercab XX IPNU Sumenep

Kenang Jasa Ulama, Konfercab IPNU Sumenep Bertepatan Hari Pahlawan

Logo Konfercab XX IPNU Kabupaten Sumenep (santrinews.com/ist)

Sumenep – Dua tahun sudah kepengurusan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kabupaten Sumenep berjalan, dan segera purna masa khidmat.

Pada 10-13 November 2017, akan digelar Konferensi Cabang (Konfercab) XX. Salah satu agendanya adalah laporan pertanggungjawaban serta pemilihan estafet kepemimpinan baru.

Ketua PC IPNU Sumenep M Wasil Abror mengatakan, konfercab adalah forum tertinggi IPNU tingkat cabang yang akan diikuti pengurus cabang, anak cabang, komisariat dan ranting.

Sesuai SK yang aktif, di Sumenep terdapat 15 anak cabang, 35 komisariat, satu ranting, dan ditambah Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) STAIM. “Itu punya hak suara. Total sebanyak 52 suara,” ujarnya.

Konfercab dengan mengusung tema “IPNU Kuat, NU Hebat” itu dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Sumenep KH A Busyro Karim, di Gedung SKD Batuan, Sumenap, pada Jumat, 10 Nopember 2017.

Menurut Wasil, tema itu dipilih guna menunjukkan bahwa NU di masa depan sangat bergantung kader IPNU hari ini. Bila kaderisasi IPNU berjalan, NU di masa depan akan kuat.

Alumnus STITA ini juga mengungkapkan, pembukaan Konfercab sengaja bertepatan dengan Hari Pahlawan, yakni tanggal 10 Nopember, untuk mengenang jasa para pahlawan, terutama para kiai Nahdlatul Ulama yang turut andil melawan para penjajah.

“Perjuangan heroik para pemuda dan kaum santri pada 10 Nopember 1945 itu tidak terpisahkan dengan Resolusi Jihad yang dikeluarkan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, yang sekarang ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional,” tegasnya.

Wasil berharap, kader IPNU Sumenep semakin solid dan tidak mudah terprovokasi terutama dengan hal-hal yang bersifat ujaran kebencian. “Jika kader IPNU solid dan kuat tentu NU akan semakin hebat,” kata mahasiswa magister UIN Sunan Ampel Surabaya ini. (rus/onk)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network