Kemenpora dan Bekraf Tandatangani MoU Desain Maskot Asian Games 2018

Menpora Imam Nahrawi dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf disaksikan Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, saat menandatangani MoU terkait pengerjaan desain maskot dan tema Asian Games 2018, di Jakarta (santrinews.com/ist)

Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Media Center Kemenpora, Jakarta, Jumat pagi, 12 Februari 2016. MoU ini terkait pengerjaan desain maskot dan tema Asian Games 2018 oleh pakar-pakar kreatif yang dikelola Bekraf.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf mengatakan bahwa Asian Games merupakan beyond sports dan bertaraf internasional. Indonesia akan dilihat sebagai pemimpin Asia pada 2018. Maka strategi branding Asia sebagai penggerak dunia perlu menjadi landasan berpikir mendesain tema dan maskot Asian Games.

“Asia memiliki energi yang optimis dan menatap ke masa depan. Jadi tema Asian Games 2018 adalah The Energy of Asia. Energi yang mendorong dunia menuju masa depan,” ujar Triawan, usai penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

“Energi Asia adalah energi yang kaya dan beragam, lahir dari kebudayaan luhur berusia ribuan tahun. Indonesia adalah energi Asia, bangsa yang masih muda dan penuh optimisms,” sambungnya.

Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang hadir dalam kesepakatan antara Kemenpora dengan Bekraf ini mengatakan, banyak persiapan yang harus dilakukan menuju Asian Games 2018.

“Jangan sampai persiapan berantakan, maka master plan menjadi mutlak diselesaikan. Olympic Council of Asia (OCA) telah memberi deadline kita. Ketika Instruksi Presiden (Inpres) selesai, maka penyusunan panitia harus cermat. Budgeting, marketing sales and department, dan team sports and venues adalah fokus yang kita persiapkan betul,” kata Erick. 
 
Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan sejak awal pihaknya mengakomodir penuh semua kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam menyambut Asian Games.

“Semakin banyak yang membantu, semakin bagus. Ini adalah hajatan bersama. Kami menyambut gembira respon Bekraf mengenai maskot Asian Games. Kemudian, anggaran Asian Games akan ditanggung oleh berbagai kementerian dan lembaga negara,” ujar Menpora. (us/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network