Muktamar NU 2015

Kiai Maimun Zubair Berikan Dukungan Pada Gus Sholah

KB Maimun Zubair (santrinews.com/inilah)

Jombang – KH Maimun Zubair memberi dukungannya atas pencalonan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) pada Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur, yang sedianya dibuka sore ini. Sejumlah nama muncul memperebutkan posisi ketua umum PBNU. Salah satunya adalah cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, Gus Sholah.

Salah satu tokoh sepuh NU, KH Maimun Zubair, sebagaimana dikutip Merdeka.com, Sabtu (1/8), memberi dukungan atas pencalonan Gus Sholah. Menurutnya, NU harus dikembalikan ke asalnya yaitu pengasuh Pondok Tebu Ireng.

“Kembalikan NU ke Timur, agar NU tak hilang,” kata pria yang akrab disapa Mbah Maimun ini.

KH Maimun Zubair menilai bahwa NU Kini kurang sejalan dengan ide awal pendirian pendirian NU. Menurutnya, PBNU kini kurang bisa meneruskan ide Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.

Selain itu, PBNU kini sulit diarahkan karena ada orang-orang seperti Ulil Abshar Abdalla yang mengilhami Jaringan Islam Liberal dan Islam Nusantara. “Hal demikian ini yang secara tidak langsung memecah NU secara internal,” pungkasnya.

Menurutnya, NU saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan yaitu bagaimana tetap menjadikan NU sejalan dengan gagasan sang pendiri KH. Hasyim Asy’ari. (hepi/jaz)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network