Haji-Umrah

Menteri Agama Tinjau Tenda Jemaah di Arafah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyapa jemaah di tenda di Arafah (santrinews.com/istimewa)

Mekkah – Menteri Agama yang sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengunjungi tenda-tenda jamaah di Arafah untuk memastikan jamaah mendapatkan fasilitas dan layanan yang baik menjelang wukuf pada 9 Zulhijah 1440 H.

Lukman Hakim tiba di Arafah, Jumat, 9 Agustus 2019, sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Ia mengunjungi tenda-tenda di beberapa maktab termasuk di antaranya tenda jamaah dari Kloter JKG 55.

Lukman sempat berdialog dengan jamaah di dalam tenda tersebut, dimana saat ia masuk jamaah langsung mengerumuninya dan berusaha mendekat untuk bersalaman atau berswafoto.

Ia kemudian menanyakan bagaimana kondisi jamaah termasuk fasilitas AC dan kenyamanan jamaah.

“AC-nya dingin kan? Ya beginilah kondisi Arafah Bapak Ibu kalau terlalu nyaman nanti malah kebanyakan tidur,” kata Lukman setengah berkelakar. Jamaah pun banyak yang tertawa mendengarnya.

Lukman juga mengontrol AC di sejumlah tenda, fasilitas kesehatan, dan menjenguk sejumlah jamaah yang sakit, toilet, hingga kesiapan dapur.

Kepada wartawan, Lukman mengatakan sampai sejauh ini semua fasilitas dan kondisi di Arafah sudah sesuai dengan harapan.

“Alhamdulillah ini sesuai dengan harapan kita. Jadi tidak ada kendala yang berarti mudah-mudahan ini akan terus berlangsung sampai besok malam, sampai kemudian jamaah meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah,” katanya.

Jamaah asal Indonesia mulai diberangkatkan dari Kota Mekkah menuju Arafah sejak Jumat, 9 Agustus 2019, pagi secara bergelombang. Ditargetkan hingga pukul 00.00 waktu setempat seluruh jamaah sudah terangkut ke Arafah. (shir/ant)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network