PBNU: Islam Moderat Solusi Peradaban Dunia

Rais Amm PBNU KH Maruf Amin (santrinews.com/net)

Jakarta – Rais Amm PBNU KH Maruf Amin menyerukan dakwah Islam moderat kepada ulama dunia, dalam pembukaan International Summit of The Moderate Islamic Leaders (ISOMIL), di Jakarta Convention Center, Senin, 9 Mei 2016.

Dalam sambutannya, KH Maruf Amin menjelaskan bahaya kelompok ekstrimis. “Kelompok garis keras yang kaku dan sangat tekstualis, yang abai pada Maqashid As-Syariah, membawa umat pada kesulitan dan menampilkan Islam dengan wajah yang garang,” tandasnya.

Berbeda kutub dengan kelompok ekstrim tersebut, menurut Kiai Ma’ruf, ada kelompok yang menggampangkan semua aturan agama, seakan tidak ada ketetapan dalam Islam dan bahwa semua ajaran agama dapat ditinjau ulang.

“Mereka ini yang terlalu silau dengan barat hingga melupakan al-quran dan as Sunah yang merupakan pegangan utama bagai umat Islam,” papar Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf menyesalkan eksistensi kedua kelompok ekstrimis tersebut, kini lebih menonjol, berkat dukungan media sosial yang mempersempit jarak dan memudahkan publikasi. Karena itu, Kiai Ma’ruf mengajak para peserta ISOMIL untuk menyerukan dakwah Islam moderat yang berdiri diantara dua kelompok ini.

Acara bertema “Islam Nusantara: Inspirasi Dan Solusi Untuk Peradaban Dunia” itu berlangsung tanggal 9-10 Mei dan diharapkan mampu menjadi isnpirasi bagi dunia. (us/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network