LIga Santri Nusantara

Pukul Bedug, Ketum PBNU Buka Liga Santri 2016 di Balikpapan

Balikpapan – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj telah membuka secara resmi Liga Santri Nusantara (LSN) 2016, di Stadion Persiba Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat sore, 19 Agustus 2016.

Pembukaan turnamen nasional Piala Menpora Sepakbola U 18 tahun 2016 ini ditandai dengan pemukulan lima beduk diiringi lantunan lagu resmi Gerakan Nasional Ayomondok.

Prosesi pemukulan beduk dilakukan secara bersama-sama oleh Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU (RMINU) KH Abdul Ghaffar Rozin, Panglima Kostrad Letnan Jendral Edy Rahmayadi, Pangdam 6 Mulawarman, Ketua Panpel Region I Kaltim Abdulloh.

Dalam sambutannya, Kiai Said memotivasi para santri untuk menjadi orang yang maju dalam segala hal, termasuk di bidang olahraga. Ia berharap kelak ada santri yang menjadi bintang sepakbola nasional.

“Kita tunjukkan bahwa santri serba bisa,” ujarnya disambut gemuruh tepuk tangan yang datang dari berbagai daerah. Mayoritas dari mereka adalah para santri.

Acara pembukaan berlanjut dengan pertandingan eksebisi antara Tim PON Kaltim berhadapan dengan PON Jabar. Di stadion yang berada di Jalan Perikesit, Kompleks Perumahan Pertamina itu juga berlangsung kick off LSN 2016 yang mempertemukan Pondok Pesantren Na’am Darussalam Balikpapan dan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Samarinda. Masing-masing berasal dari Region Kalimantan I yang meliputi Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Meski pembukaan resmi secara nasional baru dilaksanakan hari ini, kick off LSN 2016 sebenarnya sudah berlangsung di sejumlah region seperti Nusa Tenggara Barat dan DKI Jakarta.

Semula Menpora Imam Nahrawi dijadwalkan akan membuka secara simbolis, namun urung karena dia gangguan kesehatan dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dia terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh nyeri di kakinya. Dia dirawat sejak pukul 13.00 Wita di kamar 803 lantai delapan RS Siloam Balikpapan. (rus/onk)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network