Ulama Berperan Tumbuhkan Kesadaran Cinta Lingkungan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta para ulama untuk menumbuhkan kesadaran cinta lingkungan kepada masyarakat dalam setiap ceramahnya. Sebab, ulama dinilai mampu mengajak masyarakat untuk mempunyai rasa memiliki terhadap kotanya.

Hal itu disampaikan Jokowi pada acara buka puasa bersama para ulama di ruang Balai Agung, Gedung Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2013.

“Setiap harinya sebanyak 2.000 ton sampah diangkut dari sungai dari total 6.000 ton sampah. Peran ulama penting sekali, sehingga masyarakat mengikuti ulama. Bisa dibayangkan sampah di kali ada almari, kasur, sofa, kulkas bekas, dibuang semua di kali. Tidak mungkin masalah ditimpahkan ke gubernur semua, tapi juga para ulama berperan,” kata Jokowi.

Tak hanya sampah, mantan wali kota Solo ini juga menyinggung soal taman yang banyak dijadikan sebagai tempat berdagang para pedagang kaki lima (PKL). Akibatnya, banyak tanaman yang menjadi rusak, taman pun tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Saya perintahkan untuk tanam tanaman jangan yang murah, tetapi agak mahal. Namun ternyata baru tiga hari sudah tidak ada. Ini hanya membiasakan kalau terus menerus dilakukan kampanye, akan baik,” katanya.

Seperti dilansir laman Detik.com, dalam acara itu, hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Hamidan dan AM Fatwa. Acara berlangsung tertib, usai santap takjil, Jokowi dan para tamu undangan melaksanakan salat maghrib berjamaah di Balai Agung. (hend/saif).

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network