Pilpres 2014

Hatta Rajasa Janji Bantu Pesantren Rp.150 Juta per Tahun

Hatta Rajasa (dua kanan) tengah memukul beduk saat peresmian Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah Al Tsaqafah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad malam, 28 Juli 2013 lalu (merdeka/santrinews.com)

Tasikmalaya – Pendidikan menjadi sektor terpenting dalam sebuah negara. Tak terkecuali bagi pasangan capres-cawapres yang akan bertarung pada Pilpres 2014.

Bila terpilih, seperti dilansir Liputan6, calon wakil presiden Hatta Rajasa berjanji akan memberikan Rp 150 juta per tahun untuk setiap pesantren.

“Setiap sekolah, pondok pesantren kita siapkan Rp 150 juta untuk memperbaiki fasilitas sekolah,” kata Hatta saat berkunjung ke Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis, 3 Juli 2014.

Hatta menjelaskan, sedikitnya ada 300 ribu pondok pesantren yang terdaftar di seluruh Indonesia. Angka ini bukan kecil. Tapi, ini juga menjadi potensi yang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Karena itu, kita ingin pendidikan dari ibtidaiyah sampai aliyah bebas biaya dan gratis,” lanjutnya.

Mantan Menko Perekonomian itu menjelaskan, pendidikan di pondok pesantren tidak ubahnya dengan pendidikan umum formal. Jadi, tidak boleh ada perbedaan antara pendidikan formal dan pesantren.

“Pendidikan di Indonesia tidak boleh dibeda-bedakan. Pendidikan umum dan pesantren harus sama. Negara harus memberikan fasilitas yang sama,” pungkas cawapres yang berpasangan dengan capres Prabowo Subianto tersebut. (met/ahay)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network