NU Purworejo: Santri Tak Pernah Memberontak terhadap NKRI

Purworejo – Seorang santri tidak boleh berkecil hati ketika kembali ke masyarakat. Justru sebaliknya, santri harus bangga karena sudah memberi sumbangsih yang tidak sedikit dalam sejarah berdirinya Republik Indonesia.

“Dalam sejarah tanah air, santri belum pernah ada yang memberontak terhadap NKRI. Dalam pemberontakan DI/TII, meskipun menggunakan idiom Islam, namun para tokoh DI/TII bukan didikan pesantren. Atau pemberontakan PKI, tokoh-tokohnya juga bukan alumnus pesantren,” kata Sekjend Lakpesdam NU Kabupaten Purworejo Lukman Hakim, Rabu, 16 September 2015.

Dalam kegiatan talk show Rumah Ikatan Santri Magelang (Ikatrima) di Pondok Pesantren (PP) An-Nawawi Berjan Purworejo, Lukman Hakim menandaskan bahwa santri menjadi garda terdepan perjuangan merebut kemerdekaan hingga menumpas gerakan-gerakan pemberontakan di Indonesia.

“Laskar hizbullah atau sabilillah merupakan pejuang yang terdiri dari para santri dan dipimpin langsung oleh kiainya yang berjuang sebelum kemerdekaan, bahkan sebelum ada TNI,” tegasnya.

Talk Show yang berlangsung di auditorium pesantren asuhan KH Achmad Chalwani ini, digelar dalam rangka taaruf santri baru dan halal bihalal. Menghadirkan para alumni Ikatrima yang telah membaur di masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatrima Sigit Pristiyono SSy menambahkan, talk show ini merupakan tradisi baru yang digelar di pesantren. Dengan kemasan entertain yang santai, talk show diharapkan mampu memberikan motivasi bagi para santri, khususnya santri baru.

“Dari pengalaman para alumni, diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi para santri untuk mengambil hikmah dari proses belajar di pesantren. Selain itu, dari kegiatan ini juga diharapkan agar para santri memiliki kepercayaan diri dengan kesantriannya,” paparnya. (shir/kr)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network