Daerah

Tuban Raih Juara Umum MTQ Jawa Timur 2019

Sabtu, 02 November 2019 15:00 wib

...
Para Kafilah Tuban saat foto bersama Bupati Tuban H Fathul Huda (santrinews.com/istimewa)

Tuban – Bukan hanya menjadi tuan rumah, Kabupaten Tuban juga berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Jawa Timur 2019.

Dari perolehan jumlah poin, kafilah Tuban menduduki peringkat pertama dari total 38 kabupaten/kota peserta.

Sampai lomba final terakhir cabang MTQ dewasa yang digelar di Masjid Agung Tuban Jumat malam, 1 Nopember 2019, kafilah Tuban mengumpulkan 132 poin. Jumlah poin ini tak terkejar sampai babak final terakhir selesai.

“Alhamdulillah, kalau melihat perolehan poin kita, Tuban menjadi peringkat pertama,” Kepala Bagian Kesra Pemkab Tuban Eko Julianto, Sabtu, 2 Nopember 2019.

“Bukan hanya memenuhi target 5 besar, tapi kita juara umum. Hanya, kita menunggu pengumuman resmi dari Dewan Hakim,” sambungnya.

MTQ tingkat provinsi yang dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ini digelar di Tuban pada 28 Oktober hingga 2 November 2019.

Ada 7 cabang kategori yang dilombakan. Yakni Tilawah Alquran, Hifdhul Quran, Tafsir Alquran, Fahmul Quran, Syarhul Quran, Khath Alquran, dan Makalah Alquran.

Menurut Eko, perolehan poin tersebut mengalami lonjakan yang luar biasa jika ditilik dari perolehan poin Kafilah Tuban pada MTQ di Pasuruan dan Banyuwangi sebelumnya.

“Pada 2015 di Banyuwangi, Kafilah Tuban hanya mendapat 10 poin dengan peringkat ke-26, sedangkan pada 2017 di Pasuruan, Kafilah Tuban mendapatkan 22 poin dengan peringkat ke-16,” tambahnya.

Ketua Kafilah Kabupaten Tuban, Khoirul Muqim mengatakan hasil akhir pelaksanaan MTQ bagi kafilah Tuban sangat bagus.

Kabupaten Tuban meraih 16 kemenangan dari 16 golongan yang dilombakan, yakni tujuh juara pertama, enam juara kedua dan tiga juara ketiga.

“Juga meraih 6 juara harapan. Dengan rincian juara harapan satu sebanyak 1; harapan 2 sebanyak 4; dan harapan 3 sebanyak 1,” kata Muqim.

Tujuh juara pertama yang diraih itu, ungkap pegawai Kantor Kemenag Tuban ini adalah dari cabang tilawah meraih juara pertama dari golongan tilawah anak-anak putra atas nama A Farid Fahruddin dengan nilai 95.50.

Kemudian tilawah golongan qiraat sab’ah mujawwad juara pertama atas nama Khoirun Naim dengan nilai 94.50. Lalu Cabang MHQ golongan 1 juz dan tilawah putri juara pertama dengan nilai 97,5, serta Cabang MMQ menjadi juara pertama dengan skor 92,0714.

Raihan juara pertama juga diraih Kafilah Tuban atas nama Ahmad Ma’ruf Zulfa pada cabang MKQ golongan Dekorasi putra dengan skor 89.00.

Juara pertama juga berhasil diraih Kafilah Tuban bernama Nasril Ilham Saputra yang berlomba di cabang Tilawah golongan Tartil dengan skor 96,75.

Prestasi kafilah Tuban di MTQ Jawa Timur 2019 itu ditutup Rofiatul Muna dari cabang tilawah dewasa yang menjadi juara pertama dengan skor 96.00. (rus/onk)