Pesantren Sidogiri Berduka, KH Nawawi Abd Djalil Meninggal Dunia

Pasuruan – Bangsa Indonesia dan keluarga besar Nahdlatul Ulama Ulama berduka. Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KHA Nawawi Abd Djalil, meninggal dunia pada Ahad, 13 Juni 2021, sekitar pukul 16.40 WIB.

Kabar duka ini disampaikan KH Mas D. Nawawy Sadoellah, salah satu majelis keluarga Sidogiri.

“Innãlillãhi wa innâilahi rãjiün. Telah wafat KHA Nawawi Abd Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri. Hari ini Ahad, 13 Juni 2021, sekitar pukul 16.40 WIB. Semoga Allah merahmatinya,” tulis KH Mas Nawawy melalui akun twitternya.

Kiai Nawawi Abdul Jalil memimpin Pondok Pesantren Sidogiri sejak tahun 2005. Ia menggantikan pengasuh sebelumnya KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005.

Didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban, Pesantren Sidogiri adalaj salah satu pesantren tertua. Sayyid Sulaiman wafat pada 1766 M. Ia adalah keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang masyhur dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

Selain mengasuh pesantren, Kiai Nawawi aktif di Nahdlatul Ulama. Saat ini menjabat Mustasyar PBNU. Pada Muktamar ke-33 NU pada 2015 di Jombang, Kiai Nawawi masuk sebagai salah satu anggota Ahlul Halli Wal-Aqdi (AHWA) untuk memilih Rais Aam PBNU. (red)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network