Nasional

PBNU Tetapkan 1 Syawal 1443 H pada 2 Mei 2022

Minggu, 01 Mei 2022 18:55 wib

...

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Tsaquf atau Gus Yahya.

PBNU memutuskan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin Pon, tanggal 2 Mei 2022,” kata Gus Yahya, di Kantor PBNU Jakarta, Ahad, 1 Mei 2022.

Keputusan tersebut didapat setelah dilakukan pemantauan hilal oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) di seluruh Indonesia.

“Tim LFNU telah melaksanakan rukyatul hilal bil fi’li di beberapa lokasi yang telah ditentukan dan berhasil melihatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur menerjunkan tim rukyatul hilal di 29 titik di beberapa kabupaten/kota di Jatim.

Hasilnya, hilal terlihat di tiga lokasi, yakni di Balai Rukyat Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan dan di Mojokerto.

“(Tim rukyat melihat hilal) di Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan dan di Mojokerto,” kata Ketua PW LFNU Jawa Timur KH Shofiullah atau Gus Shofi.

Di Bukti Condrodipo Gresik hilal terlihat pada ketinggian sekitar 4 derajat. “Perukyat di Bukit Condrodipo Gresik melihat dengan mata telanjang pada pukul 17.26 melihat hilal dengan ketinggian sekitar 4 derajat 2 menit 12 detik,” ujar Wakil Sekretaris LFNU Gresik, M Aminuddin. (red)