Nasional

Aminuddin Ma’ruf Terpilih Ketua Umum PB PMII 2014-2016

Selasa, 10 Juni 2014 14:16 wib

...
Aminuddin Ma’ruf Ketua Umum terpilih PB PMII 2014-2016 (santrinews.com/istimewa

Jambi – Aminuddin Ma’ruf akhirnya dipercaya menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), pada Kongres PMII XVIII yang berlangsung di Jambi mulai 30 Mei sampai 10 Juni 2014.

Amin resmi terpilih sebagai ketua umum PB PMII untuk periode 2014-2016 secara demokratis setelah mampu mengungguli perolehan suara dua rival terkuatnya, Miftakhul Aziz dan Muammarullah Umam.

Pada pemilihan putaran pertama, hanya muncul 9 nama dari beberapa nama kandidat yang sebelumnya sudah beredar.

Mereka adalah Muammarullah Umam mendapat 51 suara, Miftakhul Aziz mengantongi 45 suara, M Zaini Mustakim 41 suara, Aminuddin Ma’ruf 38 suara, A Jabidi Ritonga 35 suara, Dwi Winarno 21 suara, Abdul Aziz 7 suara, Mukafi Makki 3 suara, dan Aminurrahman 1 suara.

Sesuai persyaratan yang disepakati, kandidat harus mengantongi minimal 30 suara untuk bisa maju ke putaran dua. Karena itu, ada lima nama yang dinyatakan lolos bisa maju menjadi calon ketua umum. Yakni Muammarullah Umam, Miftahul Aziz, M Zaini Mustakim, Aminuddin Ma’ruf, dan A Jabidi Ritonga.

Namun, M Zaini Mustakim dan A Jabidi Ritonga rupanya memilih berkoalisi. Beberapa kandidat yang tidak lolos ke putaran kedua juga bernegosiasi membangun poros masing-masing dan memberikan sokongan suaranya kepada tiga kandidat yang bertarung di putaran kedua.

Sehingga, peta suara pun berubah total. Perolehan suara yang dikantongi Aminuddin yang semula di putaran pertama terendah dari dua rivalnya itu pun berbalik.

Aminuddin unggul jauh dengan mengantongi 102 suara, Muammarullah Umam 74 suara, dan Miftakhul Aziz 64 suara. Dengan demikian, Aminuddin Ma’ruf dinyatakan resmi menjadi Ketua Umum PB PMII periode 2014-2016.

Aminuddin Ma’ruf yang punya visi ‘kader Ulul Albab menjawab tantangan global’ ini adalah kader PMII terbaik yang diusung Cabang Jakarta Timur. Dia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Negeri Jakarta dan melanjutkan S2 di Universitas Trisakti.

Pada kepengurusan PB PMII periode 2011-2013 dibawah kepemimpinan Addin Jauharudin, ia dipercaya sebagai Ketua Biro Pemberdayaan Ekonomi. Sebelumnya, pria lajang kelahiran Karawang, 27 Juli 1986 ini menjabat ketua umum PC PMII Jakarta Timur.

Di usia yang sangat muda bila dibandingkan dengan beberapa ketua umum PB PMII sebelumnya di saat mereka terpilih, Aminuddin bakal memimpin organisasi mahasiswa berlatar nahdliyin ini untuk dua tahun ke depan.

Bisa dikata Aminuddin telah mencatat sejarah baru di PMII. Begitu juga Kongres PMII XVIII di Jambi kali ini telah benar-benar mengembalikan PMII sebagai organisasi mahasiswa dan pemuda yang sebenarnya. Dalam konteks ini, Amin yang masih berusia 27 tahun telah cukup menjadi bukti.

Soal syarat usia ketua umum ini pula sebelumnya sempat menjadi perdebatan yang sedikit seru. Ada banyak opsi. Diantaranya mengacu pada undang-undang kepemudaan, usia ketua umum tidak boleh lebih 30 tahun. Dan Kongres PMII kali ini telah menjawabnya. (ahay)