Nasional

Sosialisasikan Muktamar NU, Gus Ipul dan Padly Padi Ziarah Makam Sunan Giri

Jum'at, 08 Mei 2015 21:13 wib

...

Gresik – H Saifullah Yusuf mensosialisasikan Muktamar ke 33 Nahdlatul Ulama yang akan digelar di Jombang pada 1-5 Agustus 2015 dengan cara berkeliling ke makam para wali dan ulama.

Jumat, 8 Mei 2015, Gus Ipul – sapaan akrab Saifullah Yusuf berziarah ke makam Sunan Giri di Gresik. Wakil Gubernur Jawa Timur yang juga ketua panitia daerah Muktamar ke 33 NU ini didampingi Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Mohammad Qosim.

Tampak pula dalam rombongan, diantaranya Ki Ageng Ganjur, vokalis Grup Band Fadly Padi dan rocker jadul Mell Shandy yang terkenal jago juga melantunkan ayat Alquran.

Gus Ipul mengatan, sosialisasi ke makam para wali dilakukan untuk mengenang perjuangan para penyiar ajaran Islam. Sebab, cikal bakal NU adalah dari para Wali Songo.

“Tujuan kami berziarah ke makam Sunan Giri untuk mensosialisasikan Muktamar NU. Sebab, cikal bakal NU berasal dari para Wali Songo yang diteruskan Mbah Hasyim Asyari dengan mendirikan organisasi NU,” ujarnya,

“Dengan adanya wali ini, NU muncul,” sambungnya.

Di hadapan para penziarah, Gus Ipul meminta doa restu agar pelaksanaan Muktamar NU di Jombang berjalan lancar dan sukses.

Selain ke Gresik, Gus Ipul juga keliling di 9 kabupaten dan kota di Jatim, dimulai dari Banyuwangi, Pasuruan, Malang, Sidoarjo, Tulungagung, Madiun, Nganjuk, dan Tuban.

“Mulai dari Timur sampai Barat kami lewati untuk kelancaran Muktamar. Saya mohon doa restu dari semua, semoga Indonesia yang mayoritas Islam ini bisa kondusif,” ujarnya.

“Saya ikut road show ini sekalian belajar mengenai tradisi NU. Kita mempunyai tradisi dan tatanan yang kuat dari para wali,” kata Fadly yang menggenakan baju muslim warna merah. (hay)