Nasional

Besok, Menpora dan Ketum PBNU akan Buka Liga Santri Nusantara

Sabtu, 05 September 2015 22:10 wib

...
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (santrinews.com/dok)

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi akan membuka langsung Kick Off Liga Santri Nusantara di Stadion Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Ahad 6 September Pukul 14.00 WIB. Sepak Bola U-17 Liga Santri Nusantara (LSN) ini akan diikuti 192 tim yang terbagi dari 16 zona di 10 provinsi se-Indonesia.

“Ini adalah momentum untuk menggairahkan kembali sepak bola di Indonesia dan salah satunya melalui pondok pesantren,” kata Imam Nahrawi, di Jakarta, Sabtu, 5 September 2015.

Adapun 10 Provinsi itu, yakni Lampung, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Yogjakarta (DIY), DKI Jakarta, dan Banten.

Mereka yang berhasil menjadi juara pada zona masing-masing akan masuk ke dalam group 16 besar. Untuk 16 besar dibagi dalam 3 group yakni, Sukoharjo Jawa Tengah, Purwakarta Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Pada pertandingan perdana di laga pembuka nanti, akan dipertandingkan tim tuan rumah yang diwakili Pondok Pesantren Darul Aitam (Karawang) kontra Pondok Pesantren Nurul Aitam (Purwakarta).

Sedangkan untuk partai puncak, dijadwalkan berlangsung 10 November atau bertepatan pada Hari Pahlawan yang rencananya berlangsung di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya atau Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Hadiah utama Liga Santri Nusantara akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 100 juta untuk juara I, Juara II akan mendapatkan 75 juta, dan juara III akan mendapatkan uang pembinaan 50 juta.

Acara pembukaan ini juga akan dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh agama seperti Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua Koni Pusat Mayjen. Purn. Tono Suratman, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pimpinan Komisi X DPR RI, Bupati Karawang Celica Nurachadiana, dan tokoh nasional lainnya.

Nantinya, artis-artis ibu kota seperti Wali Band, Gita KDI dan Ari Untung, juga Selebriti Football Club akan memeriahkan acara pembukaan kick off Liga Santri Nusantara tersebut. (ahay)