Nasional

Imam Besar Masjid Istiqlal Bakal Hadiri PKL PMII Makassar

Senin, 19 September 2016 14:55 wib

...
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar (santrinews.com/nuo)

Makassar – Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal yang juga mantan Wakil Menteri Agama Prof KH Nasaruddin Umar.

Ketua PC PMII Kota Makassar Muhammad Basri L menjelaskan, Mustasyar PBNU tersebut hadir sebagai narasumber yang akan menjelaskan detail konsep Islam Rahmatan lil Alamiin.

“Maraknya aliran-aliran saat ini bisa berekses buruk terhadap negara. Apalagi jika ujungnya kekerasan dan disintegarasi. PMII Sulsel khususnya Makassar akan menggali kembali konsep dasar Islam Rahmatan lil Alamiin. Sehingga kita bisa memahami Islam yang sebenarnya,” katanya, Senin, 19 September 2016.

PKL dijadwalkan berlangsung 23-29 September di Gedung BLKI, Makassar. Ditambahkan Basri, sapaan akrabnya, peserta PKL merupakan utusan cabang PMII Se-Sulsel, bahkan menurutnya sudah ada peserta dari utusan Kaltim.

Selain materi tentang keislaman, forum PKL juga akan membedah tentang kepemimpinan, advokasi, ideologi, termasuk pemetaan peta sosial, ekonomi, politik domestik dan internasional.

Harapannya dari PKL ini agar kader-kader PMII ketika kembali ke wilayahnya masing-masing bisa menentukan spesialisasi dalam gerakannya di masyarakat, sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

“Kader PMII harus berdaptasi dengan perubahan zaman yang tidak bisa dibendung lagi. Salah satu caranya dengan menguatkan pondasi keilmuan dan pengetahuan kader,” ujar Basri yang merupakan kader PMII dari Rayon Fakultas Ekonomi Komisariat Universitas Muslim Indonesia (UMI).

PKL merupakan jenjang kaderisasi formal organisasi kemahasiswaan yang punya hubungan historis dengan Nahdlatul Ulama (NU). (shir/nuo)