Nasional

Fika Taufiqurrohman, Kandidat Resmi Ketum PB PMII dari Yogyakarta

Minggu, 12 Februari 2017 19:38 wib

...
Logo Resmi Kongres XIX PMII (santrinews.com/istimewa)

Yogyakarta – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang D.I Yogyakarta secara resmi mengusung Fika Taufiqurrahman sebagai kandidat ketua umum PB PMII dalam Kongres XIX PMII di Kota Palu Sulawesi Selatan, 2-6 Mei 2017 mendatang.

Sekertaris Umum PC PMII Yogyakarta Syukron Rosyadi menjelaskan, rekomendasi kepada Fika Taufiqurrahman itu setalah melalui mekanisme dan aturan organisasi yang berlaku, yakni rapat pleno BPH PC PMII D.I Yogyakarta.

Rapat pleno itu berlangsung pada 5 Februari 2017 di Sekretariat Cabang PMII. “Kami (BPH yang hadir) dalam rapat pleno telah memutuskan dan menetapkan secara aklamsi mengusung sahabat Fika Taufiqurrahman sebagai kandidat ketua umum PB PMII 2017-2019,” kata Syukron, Ahad 12 Februari 2017.

Hal itu, lanjut Syukron, sudah sesuai makanisme organisasi yang melibatkan pimpinan tertinggi. Sebab, rapat pleno itu dihadiri 7 dari jumlah total 10 BPH, dan itu memenuhi ketuan kuorum. 7 BPH tersebut adalah dua Wakil Ketua, Sekretaris Umum, dua Wakil Sekretaris, Bendahara Umum, dan Wakil Bendahara.

Pernyataan Syukron ini menepis nama Rizavan Shufi Thoriqi yang sempat muncul sebagai calon ketua umum PMII yang diusung dan direkomendasi PMII Yogyakarta. “Tujuh BPH PMII Yogyakarta mempertanyakan langkah sepihak yang dilakukan oleh ketua umum beserta dua BPH lainnya. Itu lebih bersifat kepentingan pribadi,” tegasnya.

Senada disampaikan Wakil Ketua PC PMII Yogyakarta Arif Budiman. Arif menyatakan, rekomendasi kepada Rizavan Shufi Thoriqi itu tidak sesuai dengan maknisme organisasi sehingga dinyatakan tidak sah.

“Semoga Badan Pekerja Kongres (BPK) bijaksana dalam melihat permasalahan tersebut,” tandasnya.

Arif membeberkan beberapa alasan kenapa dirinya beserta BPH yang lain tidak mendukung Rizavan Shufi Thoriqi. “Sahabat Rizavan Shufi Thoriqi memliki sejarah buruk dalam beroganisasi,” ungkap Arif.

Diantaranya, lanjut Arif, dia pernah membuat tindakan makar secara organisasi dengan membuat cabang tandingan pada masa kepemimpinan PC PMII Ahmad Rozali.

Sebelumnya, Fika Taufiqurrahman dan Rizavan Shufi Thoriqi (keduanya dari PC PMII Yogyakarta) telah mendaftar dan mengembalikan formulir bakal calon ketua umum PB PMII ke Badan Pekerja Kongres (BPK) PB PMII.

Kongres XIX PMII tersebut akan dihadiri 7000 kader, alumni serta sejumlah pejabat tinggi negara dan dijadwalkan akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. (ubaid)