Politik

7 Tokoh Berebut Tiket PKB untuk Maju Pilkada Sumenep 2020

Sabtu, 16 November 2019 21:00 wib

...
Graha Gus Dur Kantor DPC PKB Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep mengumumkan 10 nama pendaftar yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020 mendatang.

“Ada 7 orang yang mendaftar sebagai Bacabup, dan 3 orang sebagai Cawabup,” kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Sumenep, KH Kamalil Ersyad AM, saat jumpa pers di Graha Gus Dur, Jalan Imam Bonjol 35 Pamolokan, Sabtu, 16 Nopember 2019.

Baca juga: Pengamat: Tantangan PKB Menyatukan Suara NU

DPC PKB Sumenep membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati Sumenep sejak 30 Oktober-15 November 2019.

Hingga hari terakhir masa pendaftaran, tiga dari 10 pendaftar tidak melengkapi berkas persyaratan. Mereka adalah Achmad Fauzi, KH Abdul Hamid Ali Munir, dan Ahmad Zainal Arifin.

Tujuh nama lainnya yang melengkapi berkas persyaratan adalah KH Muh Unais Ali Hisyam, Fattah Jasin, Nyai Hj Nurfitriana Busyro Karim, KH Moh Shalahuddin A Waris, Donny M Siraj, Achmad Yunus, dan Nur Faizin. Dua nama terakhir mendaftar sebagai bacawabup.

Baca juga: Sumenep Butuh Sosok Pemimpin Ahli Strategi Seperti Arya Wiraraja

Kiai Ersyad mengatakan, sebanyak 10 nama tersebut telah dilaporkan LPP kepada DPC PKB Sumenep untuk kemudian dibawa ke DPP PKB.

“Nanti DPP (PKB) yang berwenang mengeluarkan rekomendasi, DPC (PKB Sumenep) hanya membuat laporan,” pungkasnya.

Sejak Pemilu 1999, PKB tercatat sebagai partai politik pemenang di Sumenep. Bahkan, tiga periode —hampir 15 tahun— Bupati Sumenep juga berasal dari kader PKB.

Bermodal 10 kursi di parlemen hasil Pemilu 2019 lalu –20 persen peraih kursi atau suara sesuai persyaratan— PKB Sumenep bisa mengusung calon sendiri pada Pilkada Sumenep 2020 tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. (rus/hay)